Pesawat Militer AS Jenis Osprey Jatuh di Jepang, Bawa Delapan Penumpang

| 29 Nov 2023 22:25
Pesawat Militer AS Jenis Osprey Jatuh di Jepang, Bawa Delapan Penumpang
Pesawat militer AS jatuh di Jepang (Dok: Istimewa)

ERA.id - Sebuah pesawat militer AS V-22 Osprey jatuh di dekat sebuah pulau di Jepang barat pada Rabu (29/11/2023) waktu setempt. Pesawat itu sedikitnya membawa delapan orang yang tidak dikatahui nasibnya.

Seorang juru bicara Penjaga Pantai mengatakan pihaknya telah mengerahkan kapal patroli dan pesawat ke lokasi di lepas pantai Pulau Yakushima, Jepang. Namun otoritas setempat tidak memiliki rincian lebih lanjut mengenai insiden tersebut, termasuk status mereka yang berada di dalamnya.

Juru bicara pasukan AS di wilayah tersebut mengatakan mereka masih mengumpulkan informasi mengenai insiden tersebut.

Menurut laporan Reuters, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 14.47 waktu setempat di dekat bandara pulau itu.  Para saksi mata mengatakan mesin kiri pesawat tampak terbakar saat turun.

"Pesawat tersebut menghilang dari radar pada pukul 14.40 waktu setempat," kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno.

Pada bulan Agustus, pesawat Osprey AS jatuh di lepas pantai Australia utara saat mengangkut pasukan selama latihan militer rutin, menewaskan tiga Marinir AS.

Kecelakaan lain terjadi di laut lepas pulau Okinawa di selatan Jepang pada bulan Desember 2016, yang menyebabkan pesawat tersebut dilarang terbang sementara oleh militer AS.

Pesawat rotor miring, yang dapat terbang seperti helikopter dan pesawat sayap tetap, dioperasikan oleh Marinir AS, Angkatan Laut AS, dan Pasukan Bela Diri Jepang.

Penyebaran Osprey di Jepang telah menjadi kontroversi, dengan para kritikus mengatakan pesawat hibrida ini rentan terhadap kecelakaan. Militer Amerika dan Jepang menyatakan wilayah tersebut aman.

Rekomendasi