Wabah Pneumonia Misterius Serang China, Menlu: Sudah Bisa Dikendalikan

| 30 Nov 2023 15:05
Wabah Pneumonia Misterius Serang China, Menlu: Sudah Bisa Dikendalikan
Wabah pneumonia misterius (Dok: Freepik)

ERA.id - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengatakan wabah pneumonia misterius yang melanda negaranya saat ini sudah bisa dikendalikan. Wang menyebut penyakit pernapasan itu sudah umum terjadi di banyak negara.

Meningkatnya penyakit pernapasan di China baru-baru ini menjadi sorotan dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan meminta pemerintah China memberikan informasi rinci mengenai peningkatan penyakit pernapasan dan laporan kelompok pneumonia pada anak-anak.

Namun seorang pejabat WHO mengatakan pada hari Senin bahwa lonjakan penyakit di China tidak setinggi sebelum pandemi Covid-19, dan menegaskan kembali bahwa tidak ada patogen baru atau tidak biasa yang ditemukan dalam kasus-kasus baru-baru ini.

"Baru-baru ini kita melihat sejumlah kasus flu di kalangan anak-anak di wilayah tertentu di Tiongkok. Faktanya, ini adalah fenomena yang sangat umum di banyak negara, dan di Tiongkok, hal ini sudah dapat dikendalikan secara efektif," kata Wang, dikutip Reuters, Kamis (30/11/2023).

Lalu, kata Wang, meski China dilanda pneumonia misterius yang menyerang anak-anak, dia memastikan interaksi China dengan komunitas internasional tidak terpengaruh. Ia justru akan menyambut baik kunjungan dari berbagai negara di seluruh dunia.

"Interaksi Tiongkok dengan komunitas internasional tidak akan terpengaruh oleh faktor apa pun, dan kami menyambut lebih banyak kunjungan dari teman-teman dari seluruh dunia," katanya.

Baik Tiongkok maupun WHO menghadapi pertanyaan tentang transparansi pelaporan kasus-kasus awal Covid-19 yang muncul di kota Wuhan di Tiongkok tengah pada akhir tahun 2019.

Rekomendasi