Konflik Meluas ke Timur Tengah, Arab Saudi Desak AS Tidak Serang Balik Houthi Yaman

| 07 Dec 2023 14:15
Konflik Meluas ke Timur Tengah, Arab Saudi Desak AS Tidak Serang Balik Houthi Yaman
Arab Saudi (Dok: Istimewa)

ERA.id - Arab Saudi mendesak agar Amerika Serikat menahan diri dalam menanggapi serangan kelompok Houthi Yaman terhadap kapal-kapal di Laut Merah. 

Dua orang sumber yang mengetahui hal ini mengatakan bahwa Arab Saudi mendesak agar AS tidak menanggapi serangan kelompok Houthi Yaman di Laut Merah. Serangan yang dilakukan Houthi Yaman ini merupakan bentuk dukungan terhadap Palestina dalam konflik Hamas-Israel.

“Mereka menekan Amerika mengenai hal ini dan mengapa konflik Gaza harus dihentikan,” kata salah satu sumber, dikutip Reuters, Kamis (7/12/2023).

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran telah terlibat dalam konflik yang telah menyebar ke seluruh Timur Tengah sejak konflik Israel-Hamas meletus pada 7 Oktober, dengan menyerang kapal-kapal di jalur pelayaran penting dan menembakkan drone serta rudal ke arah Israel sendiri.

Kelompok yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman mengatakan serangan mereka adalah bentuk dukungan terhadap Palestina dan berjanji akan terus melakukan serangan tersebut sampai Israel menghentikan serangannya di Jalur Gaza, lebih dari 1.000 mil dari pusat kekuasaan mereka di Sanaa.

Houthi adalah salah satu dari beberapa kelompok dalam “Poros Perlawanan” yang bersekutu dengan Iran dan telah menyerang sasaran-sasaran Israel dan AS sejak awal konflik pada 7 Oktober, ketika sekutu mereka dari Palestina, Hamas, memicu perang dengan menyerang Israel.

Peran mereka telah menambah risiko konflik regional, mengancam jalur laut yang dilalui sebagian besar minyak dunia, dan mengkhawatirkan negara-negara di Laut Merah ketika roket dan drone Houthi terbang menuju Israel.

Riyadh, eksportir minyak terbesar dunia, sangat waspada ketika rudal Houthi ditembakkan ke wilayahnya.

Gedung Putih menolak berkomentar. Sementara pemerintah Saudi tidak menanggapi permintaan komentar.

Ketika Arab Saudi mendesak gencatan senjata untuk menghentikan apa yang disebutnya sebagai “perang biadab” di Gaza, diplomasi Arab Saudi mencerminkan kebijakan yang lebih luas yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas regional setelah bertahun-tahun berkonfrontasi dengan Iran dan sekutunya.

Berfokus pada perluasan dan diversifikasi ekonomi Saudi, Riyadh tahun ini menormalisasi hubungan dengan Teheran dan berusaha keluar dari perang yang telah dilancarkan dengan Houthi di Yaman selama hampir sembilan tahun.

Sumber tersebut mengatakan Arab Saudi berusaha untuk memajukan proses perdamaian Yaman bahkan ketika perang berkecamuk di Gaza, karena khawatir hal itu dapat gagal. Yaman telah menikmati lebih dari satu tahun relatif tenang di tengah pembicaraan damai langsung antara pejabat Saudi dan Houthi.

Serangan Houthi selama perang Hamas-Israel telah meningkatkan profil mereka di kubu yang berpihak pada Iran yang juga mencakup Hamas, Hizbullah Lebanon, dan milisi yang didukung Iran di Irak.

Houthi telah muncul sebagai kekuatan militer besar di Semenanjung Arab, dengan puluhan ribu pejuang dan persenjataan besar berupa rudal balistik dan drone bersenjata.

Sumber-sumber senior di kubu yang bersekutu dengan Iran mengatakan bahwa serangan Houthi adalah bagian dari upaya untuk memberikan tekanan pada Washington agar Israel menghentikan serangan terhadap Gaza, sebuah tujuan yang sama antara Iran dengan Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan.

Salah satu sumber, yang berbasis di Teheran, mengatakan perwakilan Houthi telah membahas serangan mereka dengan para pejabat Iran selama pertemuan di Teheran pada bulan November. Dalam pertemuan itu disepakati untuk melakukan tindakan dengan cara yang “terkendali” yang akan membantu memaksa diakhirinya perang Gaza.

Sumber lain mengatakan Teheran tidak bermaksud melakukan “perang habis-habisan di kawasan” yang akan berisiko melibatkan Iran secara langsung.

Juru bicara Houthi tidak menanggapi permintaan komentar. Iran membantah terlibat dalam serangan itu. Para pejabat Iran tidak menanggapi permintaan komentar mengenai serangan Houthi.

Rekomendasi