Ribuan Ton Ikan Sarden Mati di Pantai Jepang, Penyebabnya Masih Misterius

| 10 Dec 2023 13:05
Ribuan Ton Ikan Sarden Mati di Pantai Jepang, Penyebabnya Masih Misterius
Ribuan ton ikan sarden mati di jepang (Dok: Tangkapan layar APNews)

ERA.id - Ribuan ton ikan sarden mati terdampar di pantai di Jepang utara tanpa alasan yang jelas. Pemerintah setempat belum mengetahui penyebab kemarian ikan-ikan tersebut.

Ikan sarden dan beberapa ikan makarel terdampar di Hakodate, pulau utama paling utara Jepang, Hokkaido, pada Kamis pagi waktu setempat.

Penduduk setempat mengatakan mereka belum pernah melihat hal seperti ini. Ada yang mengumpulkan ikan untuk dijual atau dimakan.

Pemerintah kota, dalam pemberitahuan yang diposting di situsnya, mendesak warga untuk tidak mengkonsumsi ikan tersebut.

Takashi Fujioka, peneliti Hakodate Fisheries Research Institute, mengaku pernah mendengar fenomena serupa sebelumnya, namun baru pertama kali melihatnya.

Fujioka mengatakan ikan-ikan tersebut mungkin dikejar oleh ikan yang lebih besar, kelelahan karena kekurangan oksigen saat bergerak dalam kelompok yang padat, dan tersapu ombak.

"Ikan tersebut juga mungkin tiba-tiba memasuki perairan dingin selama migrasi," kata Fujioka, dikutip AP, Minggu (10/12/2023).

Lalu, kata Fujioka, ikan yang membusuk bisa menurunkan kadar oksigen di dalam air dan mempengaruhi lingkungan laut. Ia pun menyarankan agar warga tidak mengonsumsi ikan tersebut.

“Kami tidak tahu pasti dalam keadaan apa ikan-ikan ini terdampar, jadi saya tidak menyarankan memakannya," pungkasnya.

Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab kematian ribuan ton ikan tersebut. Para pejabat setempat memperkirakan jumlah ikan yang mati melebihi 1.000 ton.

Otoritas setempat juga akan melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kematian ikan-ikan tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan nelayan setempat dan Biro Promosi Regional Oshima di Prefektur Hokkaido untuk membersihkan daerah tersebut dan membuang bangkai ikan tersebut.

Rekomendasi