Terima Komisi hingga Fasilitasi Kamar untuk Pekerja Seks, Resepsionis Hotel di Singapura Terancam 10 Tahun Penjara

| 18 Dec 2023 15:10
Terima Komisi hingga Fasilitasi Kamar untuk Pekerja Seks, Resepsionis Hotel di Singapura Terancam 10 Tahun Penjara
Resepsionis hotel Singapura didakwa (Dok: Freepik)

ERA.id - Seorang resepsionis di sebuah hotel di Beach Road diduga membantu pekerja seks komersial (PSK) mendapatkan kamar demi menjalankan bisnisnya. Resepsionis itu juga mendapat komisi atas kamar yang didapat dengan cara memotong pendapatan para pekerja seks itu.

Do Thi Tuyet Nhung, seorang wanita Vietnam berusia 36 tahun didakwa di Pengadilan, Senin (18/12/2023) karena mengambil potongan dari pendapatan pekerja seks. Do didakwa bersama pemilik hotel, Michael Tay Fook Meng, yang merupakan warga Singapura.

Menurut Dewan Perizinan Hotel, penjaga hotel haruslah orang yang memegang jabatan CEO, manajer umum, atau peran setara di hotel. Dalam lembar dakwaan disebutkan bahwa resepsionis Tay Do Thi Tuyet Nhung, mengizinkan tiga orang yang diketahuinya sebagai pekerja seks untuk menempati kamar di Lion Peak Hotel Bugis pada 26 April 2023.

Do Thi Tuyet Nhung didakwa dengan tiga dakwaan berdasarkan Piagam Perempuan, yaitu hidup sebagian dari penghasilan sebagai pekerja seks. Dia diduga mengumpulkan penghasilan dari tiga pekerja seks asal Thailand berusia 34 atau 35 tahun antara tanggal 20 April dan 23 April tahun ini.

Menurut pernyataan polisi, Do Thi Tuyet Nhung telah memfasilitasi penyediaan layanan seksual bagi para pekerja seks di hotel tersebut, dengan mengurangi komisi dari pendapatan mereka.

Polisi mengatakan petugas dari Divisi Kepolisian Pusat melakukan operasi penegakan hukum di hotel tersebut pada tanggal 25 April dan 26 April dan menangkap delapan wakil pekerja karena menggunakan layanan komunikasi jarak jauh untuk menawarkan layanan seksual.

"Melalui penyelidikan, mereka mencurigai resepsionis tersebut memfasilitasi pekerja seks," kata polisi, dikutip CNA, Senin (18/12/2023).

Berdasarkan Undang-Undang Perhotelan, manajer bertanggung jawab atas tindakan apa pun yang dilakukan karyawan yang melanggar Peraturan Perizinan Hotel.

Sementara pemilik hotel, didakwa satu tuduhan melanggar Peraturan Perizinan Hotel sebagai 'penjaga hotel'. Tay dituduh melanggar aturan '24 Peraturan Perizinan Hotel', yang menyatakan bahwa tidak ada pemegang izin yang boleh mengizinkan siapa pun yang dia kenal atau yakini sebagai pekerja seks, katamit, atau berkarakter buruk untuk menempati kamar di hotel atau sering ke hotel.

Menurut Oxford Learner's Dictionary, katamit adalah seorang anak laki-laki yang dipelihara oleh seorang pria di Yunani dan Roma kuno untuk diajak berhubungan seks.

Dia akan kembali ke pengadilan pada bulan Januari. Sementara kasus Do Thi Tuyet Nhung dikirim ke konferensi pra-sidang pada bulan Januari, setelah dia mengindikasikan bahwa dia tidak bersalah.

Jika terbukti bersalah, Tay dapat didenda hingga 1.000 SGD (Rp11 juta) jika ia baru pertama kali melakukan pelanggaran, atau dua kali lipat jika ia berulang kali melakukan pelanggaran.

Selain itu, pengadilan dapat membatalkan atau menangguhkan sertifikat atau pendaftaran apa pun, atau membatalkan lisensi apa pun yang diberikan berdasarkan Undang-Undang Perhotelan.

Jika terbukti bersalah, Do Thi Tuyet Nhung menghadapi hukuman penjara hingga tujuh tahun dan denda hingga 100.000 SGD (Rp1,1 miliar) jika ia baru pertama kali melakukan pelanggaran.

Namun apabila kasus itu bukan kali pertama yang dilakukan Do, dia akan menghadapi hukuman hingga 10 tahun penjara dan denda hingga 150.000 SGD (Rp1,7 miliar).

Rekomendasi