Negara Paling Susah Terbitkan Visa untuk Wisatawan Asing, Ini Daftarnya

| 20 Dec 2023 17:05
Negara Paling Susah Terbitkan Visa untuk Wisatawan Asing, Ini Daftarnya
Ilustrasi (Foto: Pixabay/jackmac34)

ERA.id - Saat ini banyak negara yang tengah gencar memperkenalkan pariwisata mereka kepada wisatawan internasional. Namun, ternyata masih ada negara yang sulit untuk dikunjungi oleh wisatawan internasional. Kesulitan tersebut dikarenakan ketentuan yang ketat dari negara tersebut dalam mengeluarkan visa untuk para pelancong yang akan datang berkunjung. Simak daftar negara paling susah terbitkan visa untuk wisatawan asing di bawah ini.

Untuk berwisata ke luar negeri, Anda memerlukan dokumen berupa paspor dan visa sebagai salah satu syarat masuk negara tersebut. Namun, ada banyak negara yang tidak dapat mengeluarkan izin visa dengan mudah untuk pelancong dari luar negeri.

Negara yang Paling Susah Terbitkan Visa untuk Wisatawan Asing

Melansir laman Visa Guide, di bawah ini adalah negara yang paling susah terbitkan visa untuk wisatawan asing :

Ilustrasi (dok. Antara)

Rusia

Dengan empat musimnya, Rusia memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Namun negara ini sulit untuk menerbitkan visa turis. Rusia mewajibkan calon pemilik visa untuk melengkapi begitu banyak pertanyaan dalam formulir aplikasi visa, misalnya dengan mencantumkan riwayat perjalanan selama 10 tahun terakhir dengan rincian lokasi, waktu, dan durasi tinggal.

Arab Saudi

Pada awalnya, mengajukan izin visa ke Arab Saudi dapat dikatakan sulit, khususnya untuk perempuan yang hendak datang sendirian ke sana. Namun, setelah diberlakukan sistem e-visa, prosesnya menjadi lebih mudah.

Walaupun demikian, wisatawan harus mengikuti peraturan tertentu seperti larangan untuk masuk Mekkah dan Madinah untuk non muslim. Pada musim haji, jumlah wisatawan juga dibatasi.

Kuba

Terletak di Karibia, Kuba memiliki iklim sejuk dan budaya musiknya yang banyak memikat wisatawan pada waktu tertentu. Namun, Kuba cukup sulit memberi izin visa, khususnya untuk warga Amerika Serikat.

Iran

Sebagai salah satu negara di Timur Tengah, Iran memiliki banyak destinasi khas yang kental akan budaya. Namun, visa Iran terbilang sulit didapatkan. Pasalnya, sebelum mengajukan visa, wisatawan harus mempunyai kode verifikasi khusus. Namun, prosesnya kini lebih mudah setelah diberlakukan sistem e-Visa.

Turkmenistan

Turkmenistan dapat disebut sebagai salah satu negara paling misterius. Untuk masuk ke sana dengan visa, wisatawan harus membawa banyak dokumen, termasuk salinan formulir aplikasi visa yang sudah dilengkapi dan surat undangan dari Layanan Imigrasi setempat. Selain itu, dibutuhkan juga sponsor dari Turkmenistan untuk mengurus surat undangan kedatangan.

Bhutan

Bhutan hanya perlu persetujuan wisatawan yang datang sebagai bagian dari paket tur. Selain itu, visanya tidak akan mendapat persetujuan, kecuali jika wisatawan berasal dari India, Bangladesh, dan Maladewa. Oleh karena itu, wisatawan membutuhkan agen wisata terorganisir dan terpercaya untuk mengurus izin visa. Wisatawan juga harus membayar biaya keberlanjutan seharga $65 AS atau sekitar Rp1 juta.

Korea Utara

Korea Utara juga merupakan negara yang paling misterius dan tertutup. Izin visa hanya diberikan untuk wisatawan yang memanfaatkan agen wisata yang disetujui negara tersebut. Selain itu, diberlakukan pula aturan yang berlaku pula selama di sana, misalnya tidak diperkenankan berkomunikasi dengan warga lokal, menjelekkan pemimpin negara, berjalan sendirian, dan segera meninggalkan hotel setelah liburan usai.

Republik Chad

Sebagai salah satu negara kecil di Afrika Tengah, hanya ada 14 negara yang memiliki akses bebas visa masuk ke Republik Chad.

Untuk masuk ke negara ini, dibutuhkan surat undangan yang bisa didapatkan dengan mempunyai sponsor atau hotel di ibu kota negara yang akan menuliskan undangan tersebut untuk wisatawan. Sehingga, wisatawan harus memesan kamar hotel terlebih dahulu walaupun belum mengerti apakah visanya diterbitkan atau ditolak. Setelah berhasil masuk, juga harus segera melapor ke kepolisian dalam waktu 72 jam.

Demikianlah ulasan tentang negara paling susah terbitkan visa untuk wisatawan asing. Adakah negara di atas yang membuat Anda tertarik untuk berkunjung?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi