Kronologi Korean Air dan Cathay Pacific Bersenggolan di Bandara Jepang, Tergelincir Akibat Salju hingga Sayap Pesawat Robek

| 17 Jan 2024 15:15
Kronologi Korean Air dan Cathay Pacific Bersenggolan di Bandara Jepang, Tergelincir Akibat Salju hingga Sayap Pesawat Robek
Korean Air dan Cathay Pacific bersenggolan di bandara Jepang (Dok: Istimewa)

ERA.id - Insiden kecelakaan yang melibatkan pesawat kembali terjadi. Korean Air dan Cathay Pacific bersenggolan di udara dan menyebabkan salah satu sayap pesawat robek tanpa korban jiwa.

Benturan antar kedua pesawat itu terjadi di Bandara New Chitose, Hokkaido di utara Jepang, Selasa (16/1/2024). Insiden itu terjadi di tengah kondisi musim dingin dan salju tebal yang melanda Jepang.

Seorang pejabat Korean Air mengatakan insiden itu terjadi ketika mobil derek yang mendorong pesawat mundur menjelang keberangkatan tergelincir karena salju.

"Insiden itu terjadi ketika mobil derek, yang mendorong pesawat Korean Air mundur menjelang keberangkatan, tergelincir karena salju di darat, menyebabkan sayap kiri pesawat memotong sayap kanan pesawat Cathay Pacific", kata pejabat Korean Air, dikutip Reuters, Rabu (17/1/2024).

Juru bicara bandara mengatakan pihaknya menerima laporan insiden tersebut melalui sambungan telepon sekira pukul 17.30 waktu setempat. Pesawat Korean Air penerbangan 766 tujuan Seoul dan Cathay Pacific Airways penerbangan 583 tujuan Hong Kong berada bersebelahan di gerbang.

Menurut catatan, penerbangan Korean Air itu membawa 289 penumpang dan awak pesawat. Seluruh penumpang, baik di Korean Air maupun Cathay Pacific dinyatakan selamat.

"Tidak ada korban luka yang dilaporkan di kedua pesawat," ujar pihak maskapai.

Akibat insiden tersebut, lebih dari 80 penerbangan domestik dan internasional yang berangkat dan tiba di Bandara New Chitose dibatalkan akibat cuaca buruk.

Rekomendasi