Dua Pesawat ANA Bersenggolan di Bandara Osaka, Penumpang dan Awak Kabin Selamat

| 01 Feb 2024 18:15
Dua Pesawat ANA Bersenggolan di Bandara Osaka, Penumpang dan Awak Kabin Selamat
Sayap pesawat ANA Air bersenggolan di Bandara Osaka (Dok: instagram/ana.japan)

ERA.id - Dua pesawat ANA Air bersenggolan di Bandara Osaka, Kamis (1/2/2024). Tidak ada korban jiwa dari senggolan sayap dua pesawat tersebut.

Menurut seorang operator bandara, kejadian itu melibatkan dua pesawat All Nipppon Airways (ANA) di bandara Itami Osaka dalam penerbangan domestik. Benturan itu melibatkan dua sayap pesawat ANA sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

"Kami diberitahu bahwa ujung sayap dua pesawat ANA saling bertabrakan tak lama setelah pukul 10 pagi," kata juru bicara Banda Kansai yang mengoperasikan Itami, dikutip AFP, Kamis (1/2/2024).

Dalam laporan media lokal disebutkan tidak ada penumpang dan awak kabin yang terluka.

Insiden kecelakaan yang melibatkan pesawat ini terjadi hanya beberapa minggu setelah serentetan masalah di Jepang dan luar negeri. Kecelakaan paling serius terjadi pada 2 Januari lalu yang melibatkan Japan Airlines dengan pesawat penjaga pantai di Bandara Haneda.

Seluruh penumpang JAL Airbus yang berjumlah 379 orang melarikan diri tepat sebelum pesawat itu dilalap api. Lima dari enam orang di pesawat penjaga pantai dinyatakan tewas.

Selain itu, insiden kecelakaan pesawat juga menimpa Korean Air dengan Cathay Pacific di Bandara Hokkaido. Saat itu ujung sayap pesawat Korean Air menabrak pesawat Cathay Pacific saat kondisi bersalju.

Kemudian, penerbangan ANA lainnya dilaporkan harus berbalik arah setelah ditemukan retakan pada jendela kokpit Boeing 737-800. Serta pesawat ANA tujuan AS harus kembali ke Tokyo setelah seorang penumpang mabuk menggigit pramugari di tengah penerbangan.

Rekomendasi