Prancis Pakai Potongan Menara Eiffel untuk Medali Olimpiade Paris

| 09 Feb 2024 10:00
Prancis Pakai Potongan Menara Eiffel untuk Medali Olimpiade Paris
Medali Olimpiade Paris yang didesain oleh rumah perhiasan Chaumet.(ANTARA/HO-Paris 2024)

ERA.id - Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris mengumumkan bahwa medali yang digunakan pada kompetisi tersebut akan dibuat memakai bahan logam dari potongan Menara Eiffel.

Sebanyak 5.084 medali emas, perak, dan perunggu untuk Olimpiade Paris akan berbentuk kepingan segi enam yang didesain oleh rumah perhiasan Prancis, Chaumet.

"Kami ingin menawarkan kepada semua peraih medali di Olimpiade dan Paralimpiade Paris sepotong Menara Eiffel dari 1889,” kata ketua panitia penyelenggara lokal Tony Estanguet dalam peluncuran desain medali, seperti dikutip dari AFP, Kamis (8/2/2024).

"Itu akan menjadi kombinasi logam paling berharga dari medali emas, perak, dan perunggu dengan logam paling berharga di negara kami, dari harta karun yaitu Menara Eiffel,” lanjutnya.

Medali yang dirancang Chaumet, rumah perhiasan untuk bangsawan Prancis sejak 1780, menampilkan medali segi enam dan tetap menggunakan latar belakang lingkaran yang berkilau. Desain segi enam juga digunakan untuk menggambarkan kontur daratan Prancis.

Adapun potongan logam untuk medali diambil dari gudang di Paris yang digunakan untuk menyimpan potongan oleh perusahaan pengelola menara setinggi 330 meter itu.

"Kami mengetahui bahwa selama bertahun-tahun selama pemeliharaan Menara Eiffel, mereka diwajibkan untuk memindahkan beberapa struktur aslinya,” kata Direktur Branding Olimpiade Paris Thierry Reboul.

"Kami menggunakan potongan-potongan ini. Jumlahnya lebih dari cukup," kata dia, seraya menambahkan bahwa medali itu memiliki bobot sekitar setengah kilogram.

Sebelumnya, pada Olimpiade Tokyo 2020, medali dibuat menggunakan logam daur ulang dari sampah elektronik untuk setiap medali.

Rekomendasi