Skandal Kamar Mayat hingga Jual Beli Organ, Hakim Nyatakan Harvard Bebas Tuntutan

| 13 Feb 2024 13:45
Skandal Kamar Mayat hingga Jual Beli Organ, Hakim Nyatakan Harvard Bebas Tuntutan
Harvard bebas tuntutan skandal kamar mayat (Dok:

ERA.id - Seorang hakim Massachusetts menolak tuntutan hukum oleh keluarga yang menuduh Harvard menjual organ jenazah yang disumbangkan ke sekolah kedokterannya. Tuduhan ini diarahakn ke mantan manajer kamar mayatnya, Cedric Lodge.

Hakim Pengadilan Tinggi Suffolk County Kenneth Salinger di Boston memutuskan, bahwa 12 tuntutan hukum yang menuduh Harvard Medical School (HMS) menelantarkan jenazah yang disumbangkan keluarga gagal. 

Tuntutan hukum tersebut menuduh Harvard lalai dan berusaha meminta pertanggungjawabannya atas kesalahan Lodge, yang menurut pengacara keluarga tersebut telah diabaikan oleh pihak sekolah selama bertahun-tahun.

“Rasanya tidak adil jika Harvard dapat menghindari tanggung jawab dan tanggung jawab dalam kasus ini meskipun, seperti yang dituduhkan penggugat, mereka lalai dalam mengawasi kamar mayat HMS dan akibatnya membiarkan Lodge lolos dari pencurian bagian tubuh selama bertahun-tahun,” tulis Salinger, dilansir Reuters, Selasa (13/2/2024).

Namun hakim mengatakan Harvard menikmati kekebalan luas dari tanggung jawab selama mereka berusaha dengan itikad baik untuk mematuhi Uniform Anatomical Gift Act, yang mengatur sumbangan tubuh manusia untuk penelitian dan pendidikan.

Dia juga menolak klaim terhadap dua karyawan yang menjalankan program hadiah anatomi Harvard, Mark Cicchetti dan Tracey Fay. Kathryn Barnett, pengacara keluarga di Morgan & Morgan, berjanji akan mengajukan banding.

“Keluarga-keluarga ini harus menghidupkan kembali trauma kehilangan orang yang mereka cintai berkali-kali, dan kami sangat yakin bahwa mereka pantas mendapatkan satu hari di pengadilan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Tuntutan hukum tersebut diajukan setelah jaksa federal mengajukan tuntutan pada bulan Juni terhadap Lodge dan lima orang lainnya yang dituduh membeli dan menjual jenazah yang dicuri dari Harvard Medical School dan kamar mayat Arkansas.

Jaksa mengatakan Lodge dari tahun 2018 hingga 2022 sesekali membiarkan calon pembeli masuk ke kamar mayat sekolah untuk memeriksa mayat dan memilih bagian mana yang akan dibeli. Para pembeli sebagian besar menjual kembali bagian tubuh tersebut.

Mereka mengatakan Lodge juga mengangkut sisa-sisa curian ke rumahnya di New Hampshire, di mana dia dan istrinya menjualnya kepada orang lain.

"Mereka juga mengirimkan sisa-sisa curian ke orang-orang di luar negara bagian," kata jaksa.

Lodge mengaku tidak bersalah atas tuduhan konspirasi dan pengangkutan barang curian antar negara bagian. Mereka dan dua terdakwa lainnya dijadwalkan untuk diadili di pengadilan federal di Williamsport, Pennsylvania, pada 5 Agustus.

Rekomendasi