Polisi: Penembakan di Kansas City Tidak Terkait Terorisme

| 16 Feb 2024 13:30
Polisi: Penembakan di Kansas City Tidak Terkait Terorisme
Penembakan kansas city (Dok: Istimewa)

ERA.id - Kepolisian Kansas City mengatakan penembakan besar-besaran yang terjadi selama parade kemenangan NFL Super Bowl dipicu oleh perselisihan antar beberapa orang. Polisi memastikan penembakan itu bukan dilakukan oleh kelompok ekstremis.

Kepala Polisi Stacey Graves dalam konferensi sehari setelah penembakan mengatakan kejadian di Kansas City tidak berkaitan dengan aksi terorisme maupun gerakan dari kelompok ekstremis. Dia menilai hal itu akibat pertikaian antar beberapa orang di lokasi kejadian.

"Tampaknya ini adalah pertikaian antara beberapa orang yang berakhir dengan baku tembak. Temuan investigasi awal menunjukkan tidak ada kaitan dengan terorisme atau ekstremisme kekerasan yang tumbuh di dalam negeri,” kata Stacey Graves, dilansir Reuters, Jumat 16/2/2024).

Sementara itu, tiga orang termasuk dua anak di bawah umur ditangkap dan akan diselidiki oleh pihak kepolisian. Tahanan ketiga, juga seorang remaja yang bertekad untuk tidak terlibat, kemudian dibebaskan, menurut juru bicara polisi Alayna Gonzalez.

"Tiga orang, termasuk dua anak di bawah umur, ditahan sebagai subyek dalam penyelidikan," ujar Graves.

Polisi bekerja sama dengan jaksa penuntut anak untuk meninjau bukti dan "menentukan dakwaan yang berlaku" terhadap dua anak di bawah umur, keduanya remaja, yang masih ditahan.

Kapolres mengatakan kepada wartawan, beberapa senjata api berhasil ditemukan di lokasi penembakan. Kapolres tidak merinci tentang asal muasal bentrokan tersebut atau rincian penembakan itu sendiri, termasuk apakah ada aktivitas geng yang terlibat.

Parade dan rapat umum hari Rabu untuk merayakan kemenangan Chiefs 'Super Bowl atas San Francisco 49ers pada hari Minggu telah menarik lebih dari satu juta penggemar.

dan suara tembakan saat acara tersebut dibubarkan membuat banyak orang berebut mencari perlindungan.

Dua penggemar yang menghadiri rapat umum tersebut akhirnya menangani dan menahan salah satu dari tiga tersangka.

Dalam pengarahan hari Kamis, polisi menambah jumlah korban penembakan yang diketahui menjadi 23 orang, dan mengatakan usia mereka berkisar antara 8 hingga 47 tahun. Lisa Lopez-Galvan, seorang tokoh radio lokal yang populer, adalah satu-satunya korban jiwa.

"Kami punya niat untuk mengajukan tuntutan," kata Graves tentang para tersangka yang ditahan. Identitas mereka tidak diungkapkan.

Polisi berusaha mencari tahu apakah ada orang lain yang terlibat dalam penembakan itu, dan kepala polisi mengatakan semua orang yang bertanggung jawab akan “diseret ke pengadilan.”

Rumah Sakit Children's Mercy mengatakan pihaknya merawat sembilan anak yang tertembak dan semuanya diharapkan pulih. Dua anak lainnya yang mengalami luka bukan tembakan dan seorang korban dewasa juga dirawat di sana, kata rumah sakit.

Jaksa Jackson County, Jean Peters Baker, yang akan memutuskan tuntutan pidana apa pun, berjanji di media sosial pada hari Kamis untuk "menggunakan segala cara yang saya miliki berdasarkan undang-undang Missouri yang memungkinkan saya mengatasi tragedi ini."

Ini adalah ledakan kekerasan senjata terbaru yang terjadi di AS, di mana insiden serupa semakin sering terjadi di sekolah, supermarket, klub malam, dan tempat umum lainnya.

“Ini adalah masalah Amerika yang sangat nyata,” kata Wali Kota Kansas City Quinton Lucas kepada KMBC-TV.

"Tetapi selama kita mempunyai orang-orang bodoh yang melakukan tindakan semacam ini, selama kita memiliki akses terhadap senjata api pada tingkat kapasitas ini kita mungkin akan melihat insiden seperti ini," sambungnya.

Walikota mengatakan rencana akan dilanjutkan untuk parade Hari St. Patrick bulan depan. Dia mengatakan penembakan hari Rabu "tidak berarti Kansas City akan berhenti mengadakan acara."

182 pembunuhan di Kansas City pada tahun 2023 merupakan rekor sepanjang masa, melampaui 176 pembunuhan yang tercatat pada tahun 2020. Lebih dari satu dari 10 korban pembunuhan pada tahun 2023 berusia di bawah 18 tahun, menurut statistik polisi.

Rentetan tembakan pada hari Rabu terjadi di dekat landmark kota Union Station, yang pintu masuk depannya menjadi latar panggung demonstrasi kemenangan. Ratusan aparat penegak hukum hadir.

Perayaan Super Bowl menampilkan Chiefs Travis Kelce di atas panggung bersama quarterback Patrick Mahomes dan rekan satu tim lainnya, tetapi pacar superstar pop Kelce, Taylor Swift, kembali melakukan tur di Australia.

“Saya sedih atas tragedi yang terjadi hari ini,” Kelce memposting di X pada Rabu malam.

"Hatiku bersama semua orang yang datang untuk merayakan bersama kami dan telah terkena dampaknya. KC, kamu sangat berarti bagiku," pungkasnya.

Rekomendasi