Yunani Jadi Negara Kristen Ortodoks Pertama yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

| 16 Feb 2024 15:20
Yunani Jadi Negara Kristen Ortodoks Pertama yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis
Yunani legalkan pernikahan sejenis (Dok: Freepik)

ERA.id - Yunani menjadi negara mayoritas Kristen Ortodoks pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Pasangan sesama jenis kini juga akan diizinkan secara hukum untuk mengadopsi anak setelah hasil pemungutan suara di parlemen pada Kamis (15/2/2024) dengan hasil 176-76.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengatakan undang-undang baru ini akan “dengan berani menghapuskan kesenjangan yang serius”.

"Ini adalah tonggak sejarah bagi hak asasi manusia, yang mencerminkan Yunani saat ini negara yang progresif dan demokratis, yang berkomitmen penuh terhadap nilai-nilai Eropa,” tulisnya di X, Jumat (17/2/2024).

Namun hal ini telah memecah belah negara, dengan perlawanan sengit yang dipimpin oleh Gereja Ortodoks yang kuat. Pendukungnya mengadakan demonstrasi di Athena.

Banyak dari mereka yang membentangkan spanduk, memegang salib, membaca doa dan menyanyikan ayat-ayat Alkitab di Lapangan Syntagma di ibu kota.

Kepala Gereja Ortodoks, Uskup Agung Ieronymos, mengatakan tindakan tersebut akan “merusak kohesi sosial di tanah air”.

RUU tersebut membutuhkan mayoritas sederhana untuk lolos melalui parlemen yang beranggotakan 300 orang.

Mitsotakis telah memperjuangkan RUU tersebut namun membutuhkan dukungan dari partai-partai oposisi untuk mewujudkannya, dan puluhan anggota parlemen dari partai pemerintahannya yang berhaluan kanan-tengah menentangnya.

“Orang-orang yang selama ini tidak terlihat akhirnya akan terlihat di sekitar kita, dan bersama mereka, banyak anak-anak akhirnya akan menemukan tempat yang tepat bagi mereka,” kata perdana menteri kepada parlemen dalam debat menjelang pemungutan suara, dikutip BBC.

“Reformasi membuat kehidupan beberapa warga negara kita menjadi lebih baik, tanpa menghilangkan apa pun dari kehidupan banyak orang," sambungnya.

Pemungutan suara tersebut disambut baik oleh organisasi LGBTQ di Yunani. Lima belas dari 27 anggota Uni Eropa telah melegalkan pernikahan sesama jenis. Itu diizinkan di 35 negara di seluruh dunia.

Yunani hingga saat ini tertinggal dibandingkan beberapa negara tetangganya di Eropa, sebagian besar karena adanya tentangan dari Gereja.

Ini adalah negara pertama di Eropa Tenggara yang memiliki kesetaraan pernikahan.

RUU ini memberikan hak penuh sebagai orang tua kepada pasangan sesama jenis yang sudah memiliki anak. Namun hal ini menghalangi pasangan gay untuk menjadi orang tua melalui ibu pengganti di Yunani, sebuah pilihan yang saat ini tersedia bagi perempuan yang tidak dapat memiliki anak karena alasan kesehatan.

Rekomendasi