Diduga Salah Belok, Turis Kanada Nyaris Tewas Usai Terguling dan Nyebur ke Laut

| 29 Feb 2024 17:35
Diduga Salah Belok, Turis Kanada Nyaris Tewas Usai Terguling dan Nyebur ke Laut
Turis Kanada terjun ke jurang (Dok: tangkapan layar ABC News)

ERA.id - Seorang turis asal Kanada nyaris tewas dari kecelakaan maut setelah terjun dari tebing setinggi 18 meter dengan mobilnya. Dia terjatuh ke dalam air laut setelah gagal keluar dari pintu kemudi.

Pria berusia 27 tahun itu berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran dan awak helikopter Penjaga Pantai AS setelah beberapa nelayan melihat kecelakaan itu. Nelayan yang melihat insiden itu langsung menghubungi 911.

"Insiden itu terjadi sekitar pukul 3:30 pagi pada hari Minggu (25/2/2024) di daerah South Point di pulau Hawaii dekat Cagar Hutan Ka'u," menurut Departemen Pemadam Kebakaran Hawaii, dikutip ABC, Kamis (29/2/2024).

Menurut keterangan saksi Mike Moody, seorang nelayan tombak yang berada di sekitar lokasi kejadian mengatakan mobil sewaan pria itu terbalik di bebatuan di bawah tebing. Pengemudi yang menyetir seorang diri berusaha untuk membuka pintu samping penumpang dan terjatuh ke dalam air dan tersapu ke laut.

"Jelas atapnya terbalik. Jadi dia terbalik dan tergantung tepat di atas air di sisi penumpang. Dia mungkin tidak tahu ada air di bawahnya," kata Moody.

Ketika petugas pemadam kebakaran tiba, mereka melihat pria tersebut sekitar 100 meter dari pantai. Petugas pemadam kebakaran mampu melatihnya berenang ke tempat yang aman untuk keluar dari air.

"Awak helikopter Penjaga Pantai menggunakan tali untuk menyelamatkan pria itu. Dia dibawa ke rumah sakit, di mana dia dirawat karena luka ringan dan hipotermia ringan," kata seorang pejabat.

Pihak berwenang mengatakan turis tersebut tampaknya salah belok dan berakhir di jalan tanah sempit yang mengarah ke sisi tebing menuju South Point.

Insiden itu terjadi sekitar dua bulan setelah seorang turis berusia 34 tahun dari California Utara selamat dari terdampar selama tiga hari setelah terjatuh dari tebing setinggi 1.000 kaki saat mendaki di dekat air terjun di pegunungan Ko'olau di pulau Oahu.

Rekomendasi