Pria Jerman Dapat Vaksin Covid 217 Kali, Dilaporkan Tak Ada Efek Samping

| 07 Mar 2024 13:30
Pria Jerman Dapat Vaksin Covid 217 Kali, Dilaporkan Tak Ada Efek Samping
Ilustrasi Pfizer. (Antara)

ERA.id - Seorang pria Jerman yang dengan sengaja menerima vaksinasi COVID-19 sebanyak 217 kali melaporkan tidak ada efek samping. Para peneliti menyebut pria itu bisa jadi orang yang paling banyak menerima vaksinasi dalam sejarah.

Dalam jurnal The Lancet Infectious Diseases, disebutkan sistem kekebalan tubuh pria berusia 62 tahun dari kota Magdeburg di Jerman tengah itu masih berfungsi dengan baik.

Para peneliti mengatakan pria tersebut secara sukarela menerima begitu banyak suntikan yang bertentangan dengan semua saran medis, dan memperingatkan agar tidak mengambil kesimpulan yang terlalu jauh dari satu kasus ini.

Pria yang tak diungkapkan namanya itu pertama kali menjadi perhatian para peneliti Jerman karena laporan berita pada tahun 2022, ketika dia dilaporkan menerima 90 suntikan.

Laporan media saat itu menyebutkan pria tersebut mengumpulkan kartu vaksinasi untuk dipalsukan dan dijual kepada orang-orang yang tidak ingin divaksinasi.

Menurut makalah ilmiah yang diterbitkan awal pekan ini, jaksa penuntut umum di Magdeburg membuka penyelidikan atas tuduhan penipuan atas kasus tersebut, tetapi tidak ada tuntutan pidana yang diajukan.

Jaksa mengumpulkan bukti 130 vaksinasi selama sembilan bulan. Namun, pria tersebut mengklaim telah menerima 217 dosis vaksin dari delapan vaksin COVID-19 yang berbeda selama 29 bulan.

Rekomendasi