Minggu Kedua Puasa Ramadan, 50.000 Umat Muslim Palestina Shalat Tarawih di Masjid Al-Aqsa

| 22 Mar 2024 13:15
Minggu Kedua Puasa Ramadan, 50.000 Umat Muslim Palestina Shalat Tarawih di Masjid Al-Aqsa
Umat muslim Palestina tarawih di Masjid Al-Aqsa (Instagram/masjid_al_aqsa)

ERA.id - Sedikitnya 50.000 warga Palestina tetap melaksanakan ibadah shalat Tarawih di Masjid Al-Aqsa meski dibatasi oleh Israel. Puluhan ribu warga Palestina berbondong-bondong melaksanakan ibadah menjelang Jumat kedua bulan Ramadan.

Melansir dari Antara, Departemen Wakaf Islam di Yerusalem menyatakan hampir 50.000 orang mengikuti shalat Tarawih di Masjid Al-Aqsa menjelang Jumat kedua di bulan Ramadan.

Dalam laporan kantor berita resmi Palestina WAFA, pasukan Israel disebut menutup Jalan Al-Wad di Kota Tua Yerusalem. Penutupan itu guna menghalangi jalan masuk ke masjid.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut kawasan itu sebagai Bukit Bait Suci, mengklaim bahwa tempat itu adalah lokasi dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967, Israel menganeksasi seluruh kota pada 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui masyarakat internasional.

Shalat tarawih adalah shalat malam yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadan.

Sebelumnya, Israel memutuskan untuk membatasi umat Islam Palestina memasuki kawasan Masjid Al-Aqsa. Pembatasan ini disebut sudah diatur oleh PM Netanyahu dengan alasan keselamatan.

"Perdana menteri membuat keputusan yang seimbang untuk memungkinkan kebebasan beribadah sesuai kebutuhan keamanan yang ditentukan oleh para profesional," kata kantor PM Netanyahu, dikutip Reuters.

Pada bulan April tahun lalu, polisi Israel bentrok dengan warga Palestina di masjid selama Ramadan. Terjadi juga kerusuhan dengan kekerasan di lokasi tersebut pada tahun 2021 dan 2022.

Rekomendasi