Paus Fransiskus Dikabarkan Berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024

| 31 Mar 2024 18:05
Paus Fransiskus Dikabarkan Berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024
Paus Fransiskus. (Vatican Media)

ERA.id - Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus dikabarkan akan berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024.

Mentri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengaku, pemerintah sudah mendapatkan suarat pemberitahuan dari otoritas Vatikan terkait rencana tersebut.

"Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi satu kehormatan bagi bangsa Indonesia," kata Yaqut dikutip dari Antara, Minggu (31/3/2024).

Presiden Joko Widodo, kata Yaqut, sudah menantikan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Menurutnya, pemerintah Indonesia sudah melayangkan surat undangan kepada Paus Fransksiskus sejak 2022 lalu. Setelah dua tahun berlalu, surat tersebut berbalas.

"Pada Juni 2022, saya mengantar surat undangan dari Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus. Alhamdulillah, setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya dapat hadir di Indonesia," ucapnya.

"Ini saya kita menjadi kado istimewa juga bagi umat Katolik khususnya," imbuh Yaqut.

Dia berharap, dalam kunjungannya nanti, Paus Fransiskus bisa menyaksikan langsung keragaman dan persaudaran antarumat beragama yang tumbuh di tengah masyarakat Indonesia.

"Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kita berharap Puas Fransiskus dapat melihat keberagaman ini di Indonesia," kata Yaqut.

Rekomendasi