Alami Krisis Perumahan, Kanada Beri Izin Pengembang Bangun Rumah di Lahan Publik

| 13 Apr 2024 15:30
Alami Krisis Perumahan, Kanada Beri Izin Pengembang Bangun Rumah di Lahan Publik
Rumah Kanada (Paxels/Jessica Bryan)

ERA.id - Pemerintah Kanada berencana untuk mengatasi kekurangan perumahan dengan menyewakan lahan kepada pengembang untuk pembangunan rumah terjangkau. Upaya ini dilakukan untuk merealisasikan 3,9 juta rumah pada tahun 2031.

Pemerintah mengatakan lahan yang ada saat ini tersebut kurang dimanfaatkan. Properti tersebut berpotensi mencakup kawasan industri yang terbengkalai, lokasi perusahaan pemerintah yang sudah tidak beroperasi, dan sekolah dengan tingkat partisipasi rendah.

Rencana pembangunan tersebut masih kurang 1,2 juta unit dari kebutuhan dari tahun 2023 hingga 2030, menurut badan perumahan nasional Canada Mortgage and Housing Corp.

Pemerintahan Partai Liberal telah mengumumkan serangkaian langkah untuk mengatasi krisis perumahan selama dua minggu terakhir, dan masalah ini diperkirakan akan mendominasi anggaran federal minggu depan.

Kesibukan aktivitas tersebut menyusul lonjakan harga perumahan dan sewa yang menyebabkan Partai Liberal pimpinan Justin Trudeau tertinggal dari Partai Konservatif dalam jajak pendapat sebelum pemilu yang harus diadakan pada Oktober 2025. 

“Ini adalah rencana yang benar-benar akan membuat perbedaan dalam kehidupan warga Kanada,” kata Trudeau di Vaughan, Ontario, dilansir Reuters, Sabtu (13/4/2024).

Selain akan memanfaatkan lahan publik untuk pembangunan, Menteri Perumahan Rakyat Sean Fraser mengatakan langkah-langkah baru lainnya termasuk perubahan struktur pajak biaya modal yang akan mendorong institusi pembangun untuk membangun lebih banyak rumah, proposal untuk memberikan pinjaman berbiaya rendah dan memerangi penipuan hipotek yang secara artifisial meningkatkan biaya rumah. 

Mike Moffatt dari Satuan Tugas Perumahan dan Iklim, sebuah lembaga pemikir independen, mengatakan para pembangun dan pemangku kepentingan lainnya perlu berinvestasi hampir 2 triliun dolar Kanada untuk mencapai target pemerintah yaitu 3,9 juta rumah 

“Kita perlu melihat lebih banyak mengenai perhitungannya, dan kita perlu melihat lebih banyak lagi mengenai (biaya) dalam anggaran. Tapi saya pikir secara keseluruhan kita telah melihat beberapa reformasi yang cukup signifikan dalam paket saat ini,” katanya.

Pertumbuhan pesat populasi imigran Kanada telah mendorong kekurangan perumahan seiring dengan inflasi dan tingginya suku bunga. 

Perumahan di Kanada sebagian besar merupakan tanggung jawab 10 provinsi dan kota besar. Ottawa, yang tidak mempunyai peran langsung dalam bidang konstruksi, bergantung pada langkah-langkah kebijakan dan pendanaan.

Rekomendasi