Denmark Tutup Kedutaan Besarnya di Irak Mulai Mei 2024

| 18 Apr 2024 07:00
Denmark Tutup Kedutaan Besarnya di Irak Mulai Mei 2024
Denmark tutup kudebes di Irak (instagram/dkiniran)

ERA.id - Pemerintah Denmark memutuskan untuk menutup kedutaan besarnya di Bagdad, Irak pada akhir Mei 2024. Penutupan ini terjadi hanya dalam waktu tiga tahun setelah terakhir dibuka kembali pada Juni 2021. 

Menteri Luar Negeri Lars Lokke Rasmussen mengatakan penutupan itu dilakukan merujuk pada Misi NATO di Irak. Misi itu diketahui terjalin hingga awal tahun 2024.

“Setelah komando Denmark atas NMI berakhir pada Mei 2022, Denmark masih memiliki kontribusi militer yang signifikan terhadap misi tersebut hingga awal tahun 2024,” kata Rasmussen, dikutip Reuters, Kamis (18/4/2024).

Meski akan ditutup, Rasmussen menegaskan sejumlah kecil personel militer Denmark akan terus berkontribusi pada misi tersebut. 

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa Denmark akan menarik sebagian besar sumbangan militernya di Irak. Sehingga, pemerintah Denmark memutuskan untuk menutup kedutaan besarnya di Irak.

“Dengan ditariknya sebagian besar sumbangan militer Denmark, tugas utama kedutaan Denmark di Bagdad, Irak, telah selesai. Oleh karena itu, pemerintah Denmark memutuskan untuk menutup kedutaan pada tanggal 31 Mei 2024,” bunyi pernyataan tersebut.

Rasmussen juga mengatakan bahwa operasi diplomatik sedang dihentikan karena peran Denmark yang mengelola misi NATO di Irak telah "berhenti", yang secara virtual mengakhiri kehadiran tentara dan warga sipil Denmark dalam jumlah besar di Irak. 

Kedutaan tersebut sebelumnya ditutup pada tahun 2012 karena alasan penghentian hubungan bilateral Denmark secara bertahap yang hampir selesai. Dibuka delapan tahun kemudian untuk memungkinkan Denmark mengambil alih misi NATO.

Tags : Denmark iran iraq
Rekomendasi