Israel Siap Duduki Wilayah Rafah, Sediakan 40.000 Tenda untuk Warga Palestina

| 25 Apr 2024 14:10
Israel Siap Duduki Wilayah Rafah, Sediakan 40.000 Tenda untuk Warga Palestina
Israel siap duduki Rafah (Instagram/IDF)

ERA.id - Militer Israel mengatakan siap untuk mengevakuasi warga sipil Palestina dari Rafah dan menyerang markas Hamas di kota selatan Jalur Gaza. Israel juga telah menyiapkan 40.000 tenda untuk menampung warga Palestina.

Menurut laporan Reuters, juru bicara pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel siap melakukan operasi darat namun tidak memberikan batas waktunya.

Pejabat pertahanan itu mengatakan Kementerian Pertahanan Israel telah membeli 40.000 tenda, masing-masing berkapasitas 10 hingga 12 orang. Tenda-tenda itu nantinya akan digunakan untuk menampung warga Palestina yang direlokasi dari Rafah sebelum serangan terjadi.

Dalam video yang beredar di media sosial menunjukkan deretan tenda berwarna putih didirikan di Khan Younis, sebuah kota yang berjarak sekitar 5 km dari Rafah.

Sumber pemerintah Israel mengatakan kabinet perang Netanyahu berencana bertemu dalam dua minggu mendatang untuk mengizinkan evakuasi warga sipil, yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu bulan.

Pejabat pertahanan, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa militer dapat segera mengambil tindakan tetapi menunggu lampu hijau dari Netanyahu.

Rafah, yang berbatasan dengan perbatasan Mesir, menampung lebih dari satu juta warga Palestina yang melarikan diri dari serangan Israel yang telah berlangsung selama setengah tahun di seluruh Gaza dan mengatakan bahwa prospek untuk melarikan diri lagi adalah hal yang menakutkan.

Rekomendasi