Kondisi Kesehatan Memburuk, Rencana Pemakaman Raja Charles III Mulai Diperbarui

| 26 Apr 2024 11:05
Kondisi Kesehatan Memburuk, Rencana Pemakaman Raja Charles III Mulai Diperbarui
Rencana pemakaman raja charles (instagram/theroyalfamily)

ERA.id - Istana Buckingham memperbarui rencana pemakaman Raja Charles III menyusul kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Persiapan ini disebut sudah direncanakan sejak Ratu Elizabeth dimakamkan. 

Berbagai sumber kerajaan mengatakan kondisi kesehatan Raha Charles III terus menurun sejak ditemukan sel kanker pada tubuhnya. Raja berusia 75 tahun ini disebut terus berjuang melawan kanker itu tetapi kondisinya terus menurun.

"Tentu saja dia bertekad untuk mengalahkannya dan mereka mengerahkan segalanya. Semua orang tetap optimis, tapi dia benar-benar tidak sehat. Lebih dari yang mereka pikirkan,” kata seorang sumber yang digambarkan sebagai teman lama keluarga kerajaan kepada The Daily Beast, Jumat (26/4/2024).

Raja Charles tidak pernah mengungkapkan penyakit kanker apa yang didiagnosisnya, namun ia mengakui bahwa penyakit tersebut bukanlah kanker prostat, yang merupakan salah satu bentuk penyakit yang bisa diobati.

Firma tersebut juga sangat bungkam mengenai perjalanan medisnya, namun orang dalam dan komentator politik telah secara terbuka berbicara tentang bagaimana Raja merespons dengan sangat baik terhadap pengobatan.

Namun, para pembantu Raja Charles secara teratur meninjau salinan dokumen setebal beberapa ratus halaman yang menguraikan rencana pemakaman kerajaannya, yang diberi nama “Operation Menai Bridge". 

“Rencana tersebut telah diselesaikan dan terus diperbarui secara aktif. Ini tidak lebih dari apa yang Anda harapkan mengingat raja telah didiagnosis menderita kanker. Namun peredarannya jelas telah memusatkan perhatian,” kata seorang mantan staf yang memiliki hubungan dengan para pejabat istana.

Dokumen yang sangat rinci ini dibuat sehari setelah Ratu Elizabeth dimakamkan pada 8 September 2022 dan menggunakan pemakaman ratu yang paling lama menjabat sebagai panduan lapangan untuk memastikan proses pemakaman Charles lebih lancar.

Pejabat militer mengkonfirmasi kepada Daily Beast bahwa Operation Menai Bridge diperbarui secara berkala, namun menekankan bahwa itu adalah prosedur standar dan “tidak masuk akal untuk membaca fakta tersebut”.

Semua anggota kerajaan dalam rencana tersebut telah memperbarui rencana pemakaman yang dikategorikan berdasarkan kata sandi berbasis jembatan, dengan nama Ratu Elizabeth yang terkenal sebagai 'Operation Landon Bridge'.

Nama rencana kematian mantan Pangeran Wales diambil dari nama jembatan gantung yang menghubungkan pulau Anglesey dengan daratan Welsh.

“Tentu saja mereka memperhatikan setiap aspek Menai Bridge. Pemakaman ratu berjalan lancar dan menetapkan standar yang tinggi. Ini bukan hal yang emosional, ini adalah pekerjaan, yang dilakukan dengan sangat serius, dan dapat dimengerti bahwa tidak ada seorang pun yang berencana untuk ketahuan,” kata seorang pejabat senior yang terlibat dalam perencanaan pemakaman kerajaan.

Pejabat lain menambahkan bahwa merencanakan kemungkinan terburuk adalah apa yang dilakukan militer. Apalagi, kata dia, Raja Charles memiliki hubungan yang erat dengan tujuh resimen pengawal, serta tentara teritorial, artileri kuda kerajaan, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Berdasarkan lingkup hubungan yang dimiliki Charles, pejabat itu mengatakan pemakaman ayah dua anak itu akan menjadi yang terbesar.

“Itu hanya seremonial akhir. Maka Anda memerlukan operasi keamanan besar-besaran karena setiap VVIP di planet ini ada di sana. Kita membicarakan segalanya mulai dari pertahanan rudal hingga pertahanan terhadap serangan tunggal," ujarnya.

“Semuanya berjalan dari awal hingga akhir dalam waktu kurang dari dua minggu, yang berarti setiap aspeknya perlu direncanakan dengan cermat sebelumnya. Perencanaan serius untuk pemakaman Charles dimulai sehari setelah mereka menguburkan ratu," pungkasnya. 

Lebih lanjut, Pejabat Raja Charles belum menanggapi pemberitan yang beredar terkait rencana pemakaman.

Rekomendasi