Sempat di Veto AS, Belgia Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

| 07 May 2024 21:00
Sempat di Veto AS, Belgia Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB
Belgia dukung Palestina jadi anggota tetap PBB (X/@hadjalahbib)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib mengatakan negaranya akan mendukung resolusi yang mengakui Palestina sebagai anggota penuh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

"Pemungutan suara akan dilakukan pekan ini, pada 10 Mei. Sangat penting bagi Uni Eropa untuk tidak melewatkan momen bersejarah ini," ujar Lahbib saat bertemu dengan Menlu Palestina Riyad al-Maliki, dikutip Antara, Selasa (7/5/2024).

Lalu, kata Lahbib, Belgia ingin menjadi sponsor bersama dan mendukung resolusi tersebut. Lahbib mengatakan Belgia akan mendukung status Palestina di PBB, yang menjadi pesannya kepada Riyad al-Maliki.

Selain itu, Lahbib menambahkan bahwa hal itu merupakan langkah penting menuju perdamaian.

Palestina telah diterima sebagai negara pengamat Majelis Umum PBB pada 2012, membolehkan utusannya untuk berpartisipasi dalam debat dan organisasi PBB tanpa hak memberi suara.

Pada 18 April 2024, Amerika Serikat memveto permintaan Palestina kepada Dewan Keamanan PBB untuk mendapat keanggotaan penuh. Hasil pemungutan suara di dewan keamanan yang beranggotakan 15 negara itu menghasilkan 12 suara mendukung, dengan AS menentang dan dua abstain yaitu Inggris dan Swiss.

Resolusi dewan membutuhkan setidaknya sembilan suara mendukung dan tidak ada veto dari anggota permanen seperti AS, Inggris, Prancis, Rusia dan China untuk dapat disahkan.

Rekomendasi