Putin Pecat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Siapa Penggantinya?

| 13 May 2024 14:00
Putin Pecat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Siapa Penggantinya?
Putin pecat Sergei Shoigu (X/@KremlinRussia_E)

ERA.id - Presiden Vladimir Putin memecat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam perombakan besar-besaran terhadap kepemimpinan militer Rusia. Pemecatan ini dilakukan setelah lebih dari dua tahun serangan Rusia di Ukraina.

Putin mengusulkan ekonom Andrey Belousov sebagai pengganti Shoigu, menurut daftar nominasi menteri yang diterbitkan oleh Dewan Federasi, majelis tinggi parlemen Rusia.

Langkah ini dilakukan pada saat penting dalam konflik dengan pasukan Rusia yang bergerak maju di Ukraina timur dan baru saja melancarkan operasi darat besar-besaran terhadap wilayah timur laut Kharkiv.

Meskipun terjadi serangkaian kemunduran militer pada tahun pertama kampanye tersebut, termasuk kegagalan merebut ibu kota Ukraina, Kyiv, dan mundurnya pasukan dari Kharkiv dan wilayah selatan Kherson, Putin tetap mendukung Shoigu hingga sekarang.

Dukungan itu juga termasuk saat ketua paramiliter Wagner Yevgeny Prigozhin melancarkan pemberontakan berdarah tahun lalu yang menyerukan pemecatan Shoigu.

“Kementerian Pertahanan harus benar-benar terbuka terhadap inovasi, terhadap pengenalan semua gagasan maju, terhadap penciptaan kondisi untuk daya saing ekonomi,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dikutip TASS, Senin (13/5/2024).

“Medan perang dimenangkan oleh siapa pun yang lebih terbuka terhadap inovasi. Itulah sebabnya presiden memutuskan untuk mencalonkan Andrey Belousov," tambahnya.

Belousov, yang tidak memiliki latar belakang militer, telah menjadi salah satu penasihat ekonomi paling berpengaruh bagi Putin selama dekade terakhir.

Shoigu, diangkat menjadi menteri pertahanan Rusia pada tahun 2012 dan memiliki karir politik selama puluhan tahun dengan umur panjang yang tak tertandingi di Rusia pasca-Soviet.

Kehadirannya di pusat kekuasaan di Moskow sudah ada sebelum Putin sendiri. Sebelum Rusia melancarkan kampanye militer skala penuh terhadap Ukraina pada Februari 2022, ia dipandang sebagai salah satu letnan paling tepercaya Putin.

Pasangan ini secara teratur difoto di tempat peristirahatan alam macho di hutan belantara Siberia, berburu dan memancing bersama.

Pada hari Minggu, Putin secara bersamaan mengeluarkan dekrit yang menunjuk Shoigu sebagai Sekretaris Dewan Keamanan yang baru, menggantikan sekutu lamanya Nikolai Patrushev.

Kremlin juga mengatakan Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum, akan tetap bertugas mengawasi operasi militer harian di Ukraina. Bersama Shoigu, Gerasimov menjadi sasaran sekelompok blogger militer pro-ofensif yang berpengaruh atas dugaan kegagalan militer Moskow.

Perubahan ini terjadi pada saat yang genting dalam konflik yang telah menunjukkan tanda-tanda kebuntuan selama berbulan-bulan.

Putin menyebut perang melawan Ukraina sebagai pertempuran yang hampir nyata bagi negaranya, dan menyebutnya hanya salah satu front dari “perang hibrida” antara Rusia dan Barat.

Rekomendasi