Soal Perintah Penangkapan Dua Pejabat Rusia, Zelenskyy: Kami Berharap Mereka Dipenjara

| 26 Jun 2024 10:30
Soal Perintah Penangkapan Dua Pejabat Rusia, Zelenskyy: Kami Berharap Mereka Dipenjara
Zelenskyy (X/@ZelenskyyUa)

ERA.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyambut baik surat perintah penangkapan dua pejabat tinggi Rusia, mantan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu atau kepala staf Jenderal Valery Gerasimov. Zelenskyy berharap keduanya bisa dipenjara.

Pada unggahannya di media sosial, Zelensky mengatakan keputusan ICC merupakan indikasi jelas bahwa keadilan atas kejahatan Rusia terhadap warga Ukraina tidak bisa dihindari.

"Setiap penjahat yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan pemogokan ini harus mengetahui bahwa keadilan akan ditegakkan. Dan kami berharap melihat mereka berada di balik jeruji besi," tulisnya di X, Rabu (26/6/2024).

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) sebelumnya mengeluarkan surat perintah penangkapan kepada dua pejabat tinggi Rusia yakni mantan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, dan kepala staf umum, Valery Gerasimov.

Hakim ICC mengatakan kedua pejabat tinggi Rusia itu diduga melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan selama perang di Ukraina. Pengadilan mengatakan ada alasan untuk meyakini bahwa Shoigu dan Gerasimov bertanggung jawab pidana individu atas serangan terhadap warga sipil antara Oktober 2022 dan Maret 2023.

"Ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa kedua tersangka bertanggung jawab atas serangan rudal terhadap infrastruktur listrik Ukraina," kata ICC dalam dakwaannya, dikutip BBC, Rabu (26/6/2024).

Pengadilan mengatakan kerugian sipil akibat dugaan serangan tersebut “jelas berlebihan” dibandingkan keuntungan militer yang diperoleh Rusia. Surat perintah tersebut merupakan upaya terbaru pengadilan global untuk melakukan intervensi dalam konflik besar.

Pengadilan menolak rincian lebih lanjut terkait surat perintah penangkapan dengan alasan melindungi saksi.

Rekomendasi