Dituduh Bantu Intelijen Hong Kong, Tiga Pria Ditangkap Polisi Inggris

| 13 May 2024 19:30
Dituduh Bantu Intelijen Hong Kong, Tiga Pria Ditangkap Polisi Inggris
3 pria ditangkap polisi Inggris (freepik/racool_studio)

ERA.id - Kepolisian Inggris menangkap tiga pria setelah diduga membantu dinas intelijen luar negeri Hong Kong. Penangkapan itu dilakukan menyusul serangkaian penangkapan di seluruh Inggris.

Polisi Metropolitan London mengatakan total 11 orang ditahan awal bulan ini, hampir semuanya ditangkap di wilayah Yorkshire di Inggris utara.

Ketiga pria tersebut akan ditahan di Pengadilan Westminster Magistrates pada Senin malam. Tujuh pria dan satu wanita yang tidak didakwa dibebaskan dari tahanan.

“Meskipun pelanggaran ini mengkhawatirkan, saya ingin meyakinkan masyarakat bahwa kami tidak yakin akan ada ancaman yang lebih luas terhadap pelanggaran tersebut,” kata Komandan Dominic Murphy, Kepala Komando Kontra Terorisme Met, dikutip Reuters, Senin (13/5/2024).

Investigasi masih berlangsung dan polisi tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai tuduhan tersebut.

Ketiga orang tersebut didakwa berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional Inggris, yang disahkan tahun lalu dan memperkenalkan langkah-langkah baru untuk menargetkan ancaman dari negara-negara asing.

Polisi mengatakan dakwaan tersebut tidak terkait dengan penyelidikan terpisah yang melibatkan Rusia, yang juga dilakukan berdasarkan undang-undang yang sama.

Rekomendasi