Petinggi Boeing Kemungkinan Lolos Tuntutan Pidana atas Kasus Lion Air 610, Ini Penyebabnya

| 03 Jun 2024 20:10
Petinggi Boeing Kemungkinan Lolos Tuntutan Pidana atas Kasus Lion Air 610, Ini Penyebabnya
Petinggi Boeing bebas tuntutan (instagram/liongroup)

ERA.id - Para eksekutif Boeing kemungkinan besar lolos dari tuntutan secara pidana atas kecelakaan fatal tahun 2018 dan 2019 yang menewaskan 346 orang. Para eksekutif itu kemungkinan lolos karena adanya undang-undang pembatasan yang akan disahkan.

Kecelakaan fatal itu mengacu pada peswat Lion Air 610 dan Ethiopian Airlines 302.

Menurut seorang sumber, Departemen Kehakiman menemukan pada pertengahan Mei bahwa Boeing melanggar perjanjian penundaan penuntutan (DPA) tahun 2021 yang melindungi perusahaan tersebut dari tuntutan pidana akibat kecelakaan fatal tersebut.

Para pejabat sepakat untuk meminta hakim membatalkan tuduhan berkonspirasi untuk menipu Badan Penerbangan Federal AS (FAA) selama Boeing mematuhi ketentuan perjanjian selama periode tiga tahun yang berakhir pada 7 Januari 2024.

Batas waktu untuk menuntut sebagian besar kejahatan federal adalah lima tahun.

Namun ledakan dalam penerbangan dua hari sebelum perjanjian berakhir mengungkap masalah keselamatan dan kualitas yang sedang berlangsung. Sebuah panel meledakkan jet Boeing 737 MAX 9 baru selama penerbangan Alaska Airlines pada 5 Januari.

Boeing memiliki waktu hingga 13 Juni untuk menguraikan ketidaksepakatan apa pun dengan temuan departemen yang menyatakan mereka melanggar perjanjian tahun 2021.

Sementara Departemen Kehakiman memiliki waktu hingga 7 Juli untuk memberi tahu hakim federal di Texas mengenai rencana tersebut.

Boeing mengatakan pihaknya yakin pihaknya telah "menghormati ketentuan perjanjian" dan berharap dapat memberikan tanggapan kepada Departemen Kehakiman.

Departemen ini sedang mempertimbangkan beberapa pilihan, termasuk apakah akan menuntut Boeing atau memperpanjang DPA satu tahun. Pejabat juga dapat membuat DPA baru atau mencapai kesepakatan non-penuntutan yang tidak melibatkan pengawasan pengadilan.

Para pejabat juga dapat berupaya untuk menegosiasikan kesepakatan pembelaan dengan Boeing atas tuduhan penipuan tahun 2021 atau membawa perusahaan tersebut ke pengadilan atas tuduhan tersebut.

"Boeing juga dapat menghadapi tuntutan atas perilakunya selama masa jabatan tiga tahun DPA, meskipun para pejabat belum menemukan bukti adanya tindak pidana berat yang dilakukan selama periode tersebut," kata jaksa kepada keluarga korban, menurut sumber yang mengetahui pertemuan tersebut, dikutip Reuters, Senin (3/6/2024).

Sumber itu mengatakan anggota keluarga korban sedang berdiskusi untuk meminta pejabat meminta hukuman yang lebih berat jika Boeing diadili dan dihukum.

"Dalam pertemuan tersebut, pejabat Departemen Kehakiman mengatakan mereka yakin mereka tidak dapat membuktikan kasus pembunuhan federal atau penipuan yang melibatkan bagian-bagian pesawat tanpa keraguan," tambah orang tersebut.

Rekomendasi