Israel Serang Sekolah PBB di Gaza, Puluhan Orang Tewas

| 06 Jun 2024 15:10
Israel Serang Sekolah PBB di Gaza, Puluhan Orang Tewas
Israel targetkan sekolah PBB di Gaza (instagram/UNRWA)

ERA.id - Israel menargetkan sekolah di Gaza yang diklaim menjadi kompleks Hamas. Serangan jet itu dilaporkan menewaskan 27 orang.

Ismail Al-Thawabta, direktur kantor media pemerintah yang dikelola Hamas, menolak klaim Israel bahwa sekolah PBB di Nuseirat, di Gaza tengah, telah menyembunyikan pos komando Hamas.

"Pendudukan menggunakan kebohongan terhadap opini publik melalui cerita palsu untuk membenarkan kejahatan brutal yang dilakukan terhadap puluhan pengungsi," kata Thawabta, dikutip Reuters, Kamis (6/6/2024).

Militer Israel mengatakan bahwa sebelum serangan jet tempur Israel, militer mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko kerugian bagi warga sipil.

Diketahui serangan itu terjadi setelah Israel mengumumkan kampanye militer baru di Gaza tengah untuk memerangi sekelompok pejuang yang mengandalkan taktik pemberontakan serang dan lari.

Israel mengatakan tidak akan ada penghentian pertempuran selama perundingan gencatan senjata.

Sebagai pukulan nyata terhadap proposal gencatan senjata yang digembar-gemborkan pekan lalu oleh Presiden AS Joe Biden, pemimpin Hamas pada hari Rabu mengatakan kelompok itu akan menuntut diakhirinya perang di Gaza secara permanen dan penarikan Israel sebagai bagian dari rencana gencatan senjata.

Sejak gencatan senjata singkat selama seminggu pada bulan November, semua upaya untuk mengatur gencatan senjata telah gagal, dengan Hamas bersikeras menuntut diakhirinya konflik secara permanen. Sementara Israel mengatakan pihaknya siap untuk membahas jeda sementara sampai kelompok militan tersebut dikalahkan.

Rekomendasi