Warga Israel Geruduk Rumah Netanyahu, Desak Pemilu dan Pembebasan Sandera Segera

| 18 Jun 2024 10:45
Warga Israel Geruduk Rumah Netanyahu, Desak Pemilu dan Pembebasan Sandera Segera
Demo warga Israel (Dok. Tangkapan Layar AFP)

ERA.id - Ribuan warga Israel melakukan demo terhadap pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas perang di Gaza. Demo ini juga dilakukan lantaran Netanyahu dinilai gagal melaukan perundingan pembebasan sejumlah sandera yang masih ditahan di wilayah Palestina.

Protes terhadap cara Netanyahu menangani perang melawan militan Hamas ini semakin meningkat. Puluhan ribu orang turun ke jalan di kota terbesar Israel, Tel Aviv setiap akhir pekan.

"Setiap tindakan yang dia lakukan mengarah pada kehancuran Israel. Dia bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada 7 Oktober,” kata pensiunan insinyur sipil Moshe Sandarovich, dikutip AFP, Selasa (18/6/2024).

Para pengunjuk rasa melakukan perjalanan ke Yarusalem untuk melakukan demo di luar parlemen Israel dan kediaman Netanyahu, Senin (17/6). Para pendemo mendesak diadakannya pemilu baru segara hingga menyebabkan bentrok dengan polisi.

"Sekarang dia menghancurkan segalanya. Bahkan jika ada perang sekarang, setiap hari perang yang terjadi bersamanya adalah hari yang lebih buruk," ujar Moshe.

Berbekal genderang, terompet dan plakat yang menyerukan pemilu baru, ribuan pengunjuk rasa, tua dan muda, menyerukan gencatan senjata untuk memulangkan sandera Gaza yang tersisa.

Setelah para aktivis berpidato di depan massa, para pengunjuk rasa berteriak, "Semuanya! Sekarang!" untuk menyerukan pengembalian sandera sepenuhnya, sebelum mengheningkan cipta bagi mereka yang tersisa di wilayah yang dikuasai Hamas.

Para pendemo di Yerusalem mengenakan kaos bertuliskan slogan-slogan termasuk 'hentikan perang' dan 'kita semua diciptakan setara'. Beberapa pihak di Yerusalem mengatakan sudah waktunya untuk mengakhiri perang Gaza dan berharap kesetaraan akan diprioritaskan oleh para politisi di negara tersebut.

"Setelah 75 tahun negara ini berdiri dan delapan bulan perang, perpecahan yang terjadi tidak seimbang. Ini harus diubah,” kata Kfir Roffe, seorang pengunjuk rasa berusia 50 tahun.

“Kita harus setara, umat Muslim, Kristen, dan semua orang di Israel harus bersatu," sambungnya.

Berdasarkan keterangan polisi Israel, sembilan orang ditangkap, beberapa di antaranya terkait dengan kekerasan yang menyebabkan petugas polisi terluka ringan.

Rekomendasi