Otoritas Keamanan Israel Abaikan Dokumen Intelijen Soal Serangan Hamas 7 Oktober Lalu, Ini Isinya

| 18 Jun 2024 17:15
Otoritas Keamanan Israel Abaikan Dokumen Intelijen Soal Serangan Hamas 7 Oktober Lalu, Ini Isinya
Dokumen intelijen Hamas (Dok. Istimewa)

ERA.id - Otoritas keamanan Israel mengabaikan dokumen intelijen pada September lalu yang meramalkan serangan Hamas pada 7 Oktober. Laporan itu juga berisi rangkaian latihan yang dilakukan oleh unit elit Hamas.

Dalam laporan yang diungkapkan oleh Otoritas Penyiaran Israel itu mengklaim bahwa dokumen tersebut bertanggal 19 September, sekitar tiga minggu sebelum serangan ke Israel. Outlet tersebut mengutip sumber keamanan Israel yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa dokumen tersebut diketahui oleh pimpinan intelijen dan, setidaknya, komando Gaza dari militer Israel.

Laporan tersebut mengatakan dokumen tersebut menggambarkan secara rinci serangkaian latihan yang dilakukan oleh unit elit Hamas, yang melakukan serangan terhadap posisi militer dan kibbutzim (komunitas kecil Israel), penculikan tentara dan warga sipil, dan bahkan instruksi tentang cara menahan dan menjaga korban penculikan saat berada di Jalur Gaza.

Menurut laporan tersebut, dokumen tersebut menguraikan langkah awal latihan tersebut sebagai 'menciptakan pelanggaran dalam simulasi posisi tentara Israel yang dibangun di Gaza yang meniru lokasi di dekat Jalur Gaza, dengan empat brigade masing-masing ditugaskan di lokasi yang berbeda.

Laporan tersebut mengatakan bahwa analis intelijen Israel yang mengamati latihan tersebut kemudian menguraikan langkah-langkah selanjutnya setelah menyusup ke wilayah Israel dan merebut posisi terdepan, dan mencatat bahwa instruksi tersebut menyerukan penyerahan setiap tentara yang ditangkap kepada komandan brigade, dengan perkiraan jumlah sandera 200-250 orang.

Dokumen tersebut juga dilaporkan merinci target serangan militer yang dilakukan unit-unit tersebut, termasuk pos komando, pusat operasi, kuil Yahudi di pangkalan militer, markas besar angkatan udara, markas komunikasi, posisi tembak, dan area perumahan tentara.

Laporan tersebut mengatakan bahwa brigade elit tersebut diberi perintah terakhir untuk memverifikasi lokasi secara menyeluruh pada saat keberangkatan dan tidak meninggalkan dokumen apa pun.

Stasiun penyiaran Israel menyimpulkan bahwa bukan hanya Komando Selatan dan Divisi Gaza yang tidak mengetahui rencana penculikan Hamas, namun dokumen tersebut juga merinci kondisi di mana para sandera akan ditahan, termasuk instruksi bagi para penculik tentang bagaimana bertindak dalam kasus-kasus ekstrim, dan dalam keadaan apa para tawanan dapat dieksekusi.

Laporan tersebut mencatat bahwa meskipun ada peringatan, otoritas keamanan Israel mengabaikan dokumen intelijen tersebut.

Sumber itu menambahkan bahwa sebelum pecahnya perang pada 7 Oktober, lembaga pertahanan telah membual tentang penghalang keamanan 'pintar' baru yang diselesaikan dua tahun sebelum serangan Hamas, yang menampilkan sistem teknologi di atas dan di bawah tanah.

Banyak pejabat senior politik, keamanan, dan militer Israel kemudian menggambarkan serangan Hamas sebagai kegagalan intelijen yang besar.

Israel saat ini menghadapi kecaman internasional karena mengabaikan resolusi dari Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Lebih dari 37.300 warga Palestina telah terbunuh di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 85.000 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari delapan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasinya di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada 6 Mei.

Rekomendasi