Mantan Diplomat Singapura Didenda Puluhan Juta Imbas Rekam Bocah Telanjang di Pemandian Umum Tokyo

| 19 Jun 2024 17:10
Mantan Diplomat Singapura Didenda Puluhan Juta Imbas Rekam Bocah Telanjang di Pemandian Umum Tokyo
Diplomat Singapura didenda (Freepik)

ERA.id - Mantan diplomat Singapura dijatuhi denda sebesar 300.000 yen atau sekitar Rp31 juta atas kasus merekam diam-diam anak laki-laki yang telanjang di pemandian umum di Tokyo, Jepang.

Sim Siong Chye, mantan konselor berusia 55 tahun itu didenda karena memasuki pemandian dan melanggar peraturan pemerintah Tokyo mengenai gangguan publik. Dia diinterogasi oleh polisi Jepang setelah diminta kembali usai melakukan hal tersebut.

Dia sebelumnya juga sudah dirujuk ke jaksa pada hari sebelumnya karena diduga melanggar undang-undang terkait pengambilan gambar seksual dan produksi pornografi anak.

Berdasarkan keterangan polisi, Sim sebagian besar mengakui tuduhan tersebut dan dikutip oleh polisi mengatakan dia tidak bisa mengendalikan dorongan untuk tidak merekam hal tersebut.

Polisi juga menyebut Sim juga mengatakan bahwa dia merenungkan perilakunya dan datang ke Jepang untuk berbicara dari sudut pandang warga sipil.

Jarang sekali seorang diplomat memenuhi permintaan polisi untuk kembali ke Jepang untuk diinterogasi atas tuduhan kriminal setelah kembali ke negaranya.

Kasus merekam secara diam-diam ini diduga dilakukan Sim menggunakan ponsel pintarnya untuk mengambil gambar siswa SMP tersebut di ruang ganti pemandian di Daerah Minato Tokyo pada 27 Februari ketika dia bertugas sebagai konselor di kedutaan.

Seorang anggota staf di pemandian tersebut melaporkan Sim ke polisi yang memintanya untuk melakukan interogasi sukarela tetapi dia menolak permintaan tersebut, meskipun mengakui bahwa dialah yang mengambil gambar tersebut. Sebagai seorang diplomat, dia kebal terhadap penangkapan selama berada di Jepang.

Polisi mengatakan apa yang diyakini sebagai foto non-konsensual ditemukan di ponsel pintar mantan konselor tersebut. Ia juga mengaku beberapa kali diam-diam mengambil foto di berbagai fasilitas, termasuk pemandian umum.

Sim, yang saat ini menjabat sebagai pejabat di Kementerian Luar Negeri Singapura, kembali ke negaranya pada pertengahan April setelah masa jabatannya berakhir.

Rekomendasi