Dapat Mobil Limusin Aurus, Kim Jong Un Hadiahi Putin Sepasang Anjing Pungsan

| 20 Jun 2024 21:15
Dapat Mobil Limusin Aurus, Kim Jong Un Hadiahi Putin Sepasang Anjing Pungsan
Putin terima anjing pungsan (Dok. KCNA)

ERA.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memberikan hadiah kepada Presiden Rusia Vladimir Putin setelah berkunjung ke Pyongyang. Kim menghadiahi Putin sepasang aning Pungsan, ras lokal Korea Utara.

Menurut laporan media pemerintah KCNA, Kim dan Putin terlihat memandangi anjing-anjing itu yang diikat di pagar yang ditutupi bunga mawar. Kedua anjing Pungsan itu berwarna putih dan diikat dengan tali warna merah dan biru.

Keduanya juga terlihat bercengkrama dengan hewan ketika Kim memberi makan wortel kepada seekor kuda sementara Putin menepuk kepalanya. Mereka juga bergantian berkendara dengan limusin Aurus buatan Rusia pada hari Rabu (19/6).

Selain menerima hadiah sepasang anjing Pungsan, penasihat presiden Yuri Ushakov mengatakan Putin juga menerima berbagai karya seni yang menggambarkan dirinya, termasuk patung.

Pungsan adalah jenis anjing pemburu yang berasal dari wilayah di Korea Utara bagian utara.

Mantan presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga menerima sepasang Pungsan putih bernama "Gomi" dan "Songgang" dari Kim pada tahun 2018 saat terjadi terobosan dalam hubungan antar-Korea.

Sementara itu, Putin diketahui memberikan pemimpin Korea Utara itu sebuah limusin Aurus buatan Rusia, satu set teh, dan minuman herbal. Limusin Aurus, bergaya retro seperti limusin ZIL era Soviet, adalah mobil resmi kepresidenan Rusia dan Putin mengendarainya pada upacara pelantikan Kremlin terbarunya pada bulan Mei.

Ketika Kim mengunjungi Rusia timur pada September tahun lalu, Putin menunjukkan kepadanya salah satu kendaraan lapis baja berwarna hitam. Kim duduk di samping Putin di dalam mobil dan tampak menikmatinya.

Putin memberi Kim limusin Aurus pertama pada bulan Februari tahun ini, yang berarti dia sekarang memiliki setidaknya dua kendaraan tersebut.

Kim diyakini sebagai penggemar berat otomotif. Ia memiliki banyak koleksi kendaraan mewah asing yang mungkin diselundupkan, seiring dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang ekspor barang mewah ke Korea Utara.

Dia terlihat berada di limusin Maybach, beberapa Mercedes, Rolls-Royce Phantom, dan kendaraan sport Lexus.

Seorang pejabat senior Rusia mengatakan bulan lalu bahwa Rusia akan mulai membuat mobil mewah Aurus di bekas pabrik Toyota di St. Petersburg tahun ini.

Menurut lembaga analisis Rusia Autostat, 40 mobil bermerek Aurus telah terjual di Rusia sepanjang tahun ini.

Rekomendasi