Bandara Incheon Tutup Sementara Imbas Balon Isi Sampah Korea Utara

| 26 Jun 2024 13:30
Bandara Incheon Tutup Sementara Imbas Balon Isi Sampah Korea Utara
Bandara Incheon (instagram/incheon_airport)

ERA.id - Bandara Incheon Korea Selatan sempat ditutup imbas kiriman balon berisi sampah dari Korea Utara. Serangan balon isi sampah itu terjadi pada dini hari menjelang fajar.

Juru bicara bandara mengatakan satu balon isi sampah dari Korea Selatan mendarat di dekat landasan terminal 2 dan 3 pada Rabu (26/6) sekitar tiga jam sebelum fajar. Serangan balon isi sampah itu pun membuat pihak bandara dengan terpaksa menutup layanannya untuk sementara.

"Satu balon mendarat di landasan dekat Terminal 2 penumpang dan tiga landasan pacu di Incheon ditutup sementara," kata juru bicara itu, dikutip Reuters, Rabu (26/6/2024).

Juru bicara itu juga mengatakan beberapa balon terlihat di dalam dan sekitar perbatasan bandara. Insiden ini disebut bukan pertama kalinya terjadi dan mengganggu operasi bandara yang berjarak sekitar 40 km dari perbatasan Korea Utara.

"Gangguan terhadap penerbangan domestik dan internasional terjadi antara pukul 01.46 hingga 04.44, dan landasan pacu telah dibuka kembali sejak saat itu," kata Perusahaan Bandara Internasional Incheon.

Berdasarkan data FlightRadar24 menunjukkan delapan penerbangan kargo dan penumpang yang tiba dialihkan ke bandara Cheongju atau Jeju di Korea Selatan selama waktu tersebut, dan satu kapal kargo China dari Shanghai dialihkan ke Yantai, Tiongkok.

Selain itu, beberapa pendaratan lagi ditunda, dan keberangkatan ditunda beberapa jam.

Berdasarkan keterangan Kepala Staf Gabungan (JCS), sekitar 250 balon berisi sampah mendarat di Seoul dan bagian utara Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi ibu kota. Serangan ini menjadi yang keenam kalinya yang dilakukan oleh Korea Utara.

Korea Utara diperkirakan telah meluncurkan lebih dari 2.000 balon berisi sampah sejak tanggal 28 Mei Kiriman balon-balon tersebut merupakan pembalasan atas kampanye propaganda para pembelot Korea Utara dan aktivis di Selatan yang secara teratur mengirimkan balon-balon yang membawa makanan, obat-obatan, uang dan selebaran yang mengkritik para pemimpin Korea Utara.

Di antara barang-barang yang dibawa oleh balon-balon Korea Utara adalah barang-barang yang dicetak dengan karakter Hello Kitty, pakaian yang sudah usang, dan tanah yang mengandung jejak kotoran manusia dan parasit.

Rekomendasi