Joe Biden Disebut Akan Bertemu dengan Netanyahu di Washington, Bahas Apa?

| 03 Jul 2024 17:15
Joe Biden Disebut Akan Bertemu dengan Netanyahu di Washington, Bahas Apa?
Biden bertemu Netanyahu (X/Netanyahu)

ERA.id - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Washington pada akhir Juli mendatang. Pertemuan itu disebut akan membahas perang di Gaza.

Perkiraan pertemuan antara Biden dan Netanyahu ini pertama kali dilaporkan oleh CNN, yang menyebut rincian logistik pertemuan mereka diperkirakan akan diadakan di Gedung Putih masih dalam tahap perencanaan.

Netanyahu sendiri akan terbang ke Washington untuk berpidato di depan Kongres AS pada 24 Juli mendatang. Dia akan berbicara pada sidang gabungan DPR dan Senat AS.

Meskipun AS tetap mempertahankan dukungan kuatnya kepada Israel baik secara diplomatis maupun soal pasokan senjata di tengah perang Gaza, Biden dalam beberapa kesempatan menyatakan keprihatinannya terhadap tindakan Israel.

Biden pernah menyebut kampanye pengeboman Israel di Gaza sebagai tindakan yang tidak pandang bulu, dan pada kesempatan lain ia juga menyebut respons militer Israel sebagai tindakan yang berlebihan.

Dalam percakapan telepon dengan Netanyahu pada bulan April setelah pembunuhan pekerja bantuan, Biden mendesaknya untuk mengambil lebih banyak langkah untuk melindungi warga sipil di Gaza, dan mengatakan bahwa kebijakan AS mungkin akan berubah.

Keputusan Biden itu pun menuai kritik dari Partai Republik. Mereka mendesak Biden untuk lebih banyak memberi dukungan kepada Israel.

Rekomendasi