Soal Rudal Jarak Jauh AS di Jerman, Rusia: Picu Konfrontasi

| 12 Jul 2024 22:15
Soal Rudal Jarak Jauh AS di Jerman, Rusia: Picu Konfrontasi
Rudal AS (Antara)

ERA.id - Rusia memperingatkan bahwa rencana Amerika Serikat untuk menempatkan rudal jarak jauh di Jerman dapat memicu konfrontasi langsung seperti Perang Dingin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa keputusan AS adalah untuk menekan Rusia meski berpotensi semakin mendekatkan kedua negara menuju Perang Dingin.

"Semua atribut Perang Dingin akibat konfrontasi langsung kembali muncul," kata Peskov, dikutip Antara, Jumat (12/7/2024).

AS dalam KTT NATO di Washington, D.C. pada Rabu mengumumkan rencananya untuk mulai mengerahkan rudal jelajah Tomahawk, SM-6, dan rudal hipersonik ke Jerman secara berkala mulai 2026. AS menyebut kehadiran rudal-rudal tersebut akan berfungsi sebagai pencegah.

Sebelumnya pada hari itu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan Rusia telah mengantisipasi langkah tersebut dan akan membuat respons militer.

Perkembangan terbaru itu terjadi setelah lima anak di Kota Shebekino di Belgorod Oblast Rusia barat mengalami luka-luka setelah pesawat tanpa awak Ukraina menjatuhkan bahan peledak di halaman gedung apartemen bertingkat yang terdapat taman bermain, menurut Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengecam insiden tersebut sebagai "serangan teroris yang disengaja."

Ukraina pada Kamis mengatakan bahwa sebuah serangan dari Rusia menyebabkan kerusakan parah di kota pelabuhan selatan, Kherson, melukai seorang petugas penyelamatan layanan darurat kota dan seorang pegawai di dinas militer wilayah Kherson.

Banyak rumah dan infrastruktur mengalami kerusakan akibat serangan itu, menurut beberapa laporan.

Rekomendasi