Lima Tokoh NU Ngaku Bangga Kunjungi Israel, Siapa Saja?

| 15 Jul 2024 12:45
Lima Tokoh NU Ngaku Bangga Kunjungi Israel, Siapa Saja?
NU kunjungi Israel (Dok. Istimewa)

ERA.id - Lima tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) kedapatan mengunjungi Israel dan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Pertemuan itu tersebar di media sosial dan mengundang komentar pedas dari netizen.

Berdasarkan foto yang beredar di X dan Instagram, lima tokoh NU yang terlihat berkunjung ke Israel adalah Dr. Zainul Maarif, Gus Syukton Makmun, Izza Annafisah Dania, Nurul Bahrul Ulum, dan Munawar Aziz. Kelimanya terlihat tersenyum saat melakukan foto bersama Presiden Israel Isaac Herzog.

Foto pertemuan itu bahkan sempat dibagikan oleh Zainul Maarif di akun Instagramnya. Zainul menuliskan bahwa dia bukan demonstran, melainkan filsuf-agamawan.

"Saya bukan demonstran, melainkan filsuf-agamawan. Alih-alih demonstran di jalanan dan melakukan pemboikotan, saya lebih suka berdiskusi dan mengungkapkan gagasan," tulisnya.

Pada keterangan itu, Zainul juga menyinggung relasi Indonesia dengan Israel ditengah konflik yang sedang memanas dengan Palestina. Dia mengaku melakukan dialog langsung dengan Herzog tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Terkait konflik antara Hamas-Israel, dan relasi Indonesia-Israel, saya bersama rombongan berdialog langsung dengan Presiden Israel, Isaac Herzog (yang duduk dengan dasi biru) di istana Sang Prsiden. Semoga hasil terbaik yang dianugerahkan untuk kita," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan ERA, akun Instagram milik Zainul Maarif sudah tidak tersedia untuk publik. Namun foto-foto itu menjadi sasaran amukan netizen karena kunjungan itu terjadi di tengah perang yang masih memanas.

"Penghianat goblok, cendekiawan tolol, nir empati," tulis @davidherman****.

"Lagaknya diskusi wkwk, di mata mereka lo mah ga ada apa2nya, jilat terus, lo pikir belain israel membuat mereka lihat lo setara sama mereka, goblok," ujar @future****.

"Gilaaaaaa lu yaaaa, sakit jiwa semua yang foto tersenyum dengan adanya bendera penjajah lu semua w doain kena komplikasi," komentar @trad****.

Rekomendasi