5 Nahdliyin Temui Presiden Israel, Ketum PBNU Minta Maaf

| 16 Jul 2024 16:40
5 Nahdliyin Temui Presiden Israel, Ketum PBNU Minta Maaf
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf meminta maaf atas gaduhnya lima Nahdliyin bertemu presiden Israel. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya menyampaikan permintaan maaf terkait lima Nahdliyin yang melakukan kunjungan dan bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.

Adapun lima orang yang ikut dalam kunjungan itu adalah Sukron Makmun (PWNU Banten); Zainul Maarif (Dosen Unusia); Munawir Aziz (Sekum PP Pagar Nusa); Izza Annafisah Daniar (PP Fatayat NU).

"Pertama, sepatutnya saya mohon maaf kepada masyarakat luas seluruhnya bahwa ada beberapa orang dari kalangan Nahdlatul Ulama yang tempo hari pergi ke Israel melakukan engagement di sana," kata Gus Yahya dalam konferensi pers di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

"Kami mengerti dan sangat memaklumi bahwa ini, dan kami merasakan hal yang sama bahwa hal ini adalah sesuatu yang tidak patut di dalam konteks suasana yang ada saat ini," sambungnya.

Gus Yahya menegaskan, tindakan lima orang tersebut merupakan tanggung jawab pribadi dan tidak berkaitan dengan lembaga. Sebab, ia memastikan, lembaga-lembaga di bawah naungan NU yang anggotanya ikut dalam kunjungan ke Israel itu tidak mengetahui hal ini.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari lembaga-lembaga terkait di bawah PBNU ini bahwa lembaga-lembaga ini yang personilnya ada yang berangkat ke Israel itu sama sekali tidak tahu menahu, tidak ada mandat kelembagaan, tidak ada pembicaraan kelembagaan, sehingga yang dilakukan oleh anak-anak yang berangkat ke Israel tempo hari itu adalah tanggung jawab mereka pribadi dan tidak terkait dengan lembaga," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, lima tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) kedapatan mengunjungi Israel dan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Pertemuan itu tersebar di media sosial dan mengundang komentar pedas dari netizen.

Berdasarkan foto yang beredar di X dan Instagram, lima tokoh NU yang terlihat berkunjung ke Israel adalah Dr. Zainul Maarif, Gus Sukron Makmun, Izza Annafisah Dania, Nurul Bahrul Ulum, dan Munawar Aziz. Kelimanya terlihat tersenyum saat melakukan foto bersama Presiden Israel Isaac Herzog.

Atas tindakan tersebut, PBNU berencana memanggil kelima warganya untuk dimintai keterangan. Sebab, kunjungan itu bukan atas perintah dari PBNU.

Rekomendasi