Tak Terbukti Timbulkan Kanker Darah, Hakim Australia Tolak Gugatan Produk Roundup

| 25 Jul 2024 22:15
Tak Terbukti Timbulkan Kanker Darah, Hakim Australia Tolak Gugatan Produk Roundup
Roundup (Dok. Istimewa)

ERA.id - Hakim di Australia menolak gugatan class action yang mengklaim obat pembunuh gulma Roundup produksi Bayer menyebabkan kanker darah.

Seorang hakim Pengadilan Federal Michael Lee memutuskan dalam sebuah kasus penting bahwa tidak ada cukup bukti untuk membuktikan produk pembunuh gulma Roundup bisa menyebabkan kanker darah.

"Dalam proses ini tidak terbukti dengan mempertimbangkan kemungkinan bahwa selama periode yang relevan, penggunaan dan atau paparan terhadap produk Roundup meningkatkan risiko seseorang terkena NHL," kata Lee, dikutip Reuters, Kamis (25/7/2024).

Gugatan itu diajukan oleh lebih dari 1.000 orang diajukan terhadap Monsanto, produsen herbisida Roundup. Gugatan kelompok tersebut menuduh Roundup, yang mengandung glifosat, memiliki efek karsinogenik dan menyebabkan seseorang mengembangkan limfoma non-Hodgkin (NHL).

Pemohon utama dalam gugatan kelompok tersebut adalah Kelvin McNickel, yang menggunakan Roundup di tempat kerja dan didiagnosis menderita limfoma non-Hodgkin pada tahun 2018 ketika dia berusia 35 tahun.

"Apa pun yang masih belum jelas, satu hal yang jelas, ilmu pengetahuan tidak hanya satu arah," kata Hakim Lee.

Menyusul keputusan tersebut, perusahaan induk Monsanto, Bayer, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya menyambut baik keputusan untuk membatalkan gugatan class action tersebut.

"Keputusan pengadilan ini konsisten dengan peraturan dan penilaian ilmiah di seluruh dunia, termasuk dari Otoritas Pestisida dan Obat Hewan Australia, yang mendukung bahwa glifosat (Roundup) aman dan tidak bersifat karsinogenik," kata perusahaan.

"Tahun lalu, Komisi UE menyetujui kembali glifosat selama 10 tahun, menyusul penilaian ilmiah yang baik dari badan kesehatan dan keselamatannya, yang 'tidak mengidentifikasi area kritis apa pun yang menjadi perhatian' yang berdampak pada kesehatan masyarakat atau lingkungan dalam tinjauan mereka terhadap glifosat di Juli 2023," tambahnya.

Perusahan menekankan akan tetap berkomitmen untuk mendukung petani Australia dengan memastikan produk yang aman digunakan dan efektif seperti Roundup.

Bayer, sebuah perusahaan kimia dan farmasi Jerman, telah lama menyatakan bahwa Roundup dan glifosat aman. Perusahaan ini telah berjuang melawan tuntutan hukum atas Roundup di Amerika Serikat sejak perusahaan tersebut membeli pemilik produk Monsanto pada tahun 2018.

Perusahaan ini masih menghadapi lebih dari 50.000 klaim Roundup yang belum dibayar di sana. Perusahaan itu telah menang dalam 14 dari 20 uji coba terakhir di AS, tetapi mengalami serangkaian kerugian pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024, dengan ganti rugi lebih dari 4 miliar dolar AS.

Beberapa dari jumlah yang diberikan telah dikurangi tetapi serangkaian kemenangan bagi penggugat menghancurkan harapan investor dan perusahaan bahwa litigasi Roundup yang terburuk telah berakhir.

Berbeda dengan AS, gugatan kelompok (class action) di Australia tidak diputuskan oleh juri.

Gugatan kelompok (class action) yang diajukan oleh Maurice Blackburn terhadap anak perusahaan Bayer adalah satu dari sekitar 40 kasus serupa yang telah diajukan di luar Amerika Serikat, sebagian besar di Kanada.

Beberapa petani di Australia khawatir jika pengadilan memutuskan bahwa glifosat dapat menyebabkan limfoma, hal ini dapat menyebabkan peraturan yang lebih ketat dan membatasi penggunaannya.

Roundup telah digunakan di seluruh dunia sejak tahun 1970an. Produk ini telah diteliti sejak badan penelitian kanker Organisasi Kesehatan Dunia menyimpulkan pada tahun 2015 bahwa glifosat mungkin bersifat karsinogenik bagi manusia, meskipun tidak menyimpulkan apakah hal tersebut menimbulkan risiko dalam penggunaan di dunia nyata.

Bayer telah mengganti glifosat dengan bahan aktif baru dalam produknya untuk keperluan rumah tangga di Amerika Serikat untuk mengurangi risiko litigasi karena sebagian besar klaim berasal dari pengguna rumahan.

Mereka terus menjual obat pembasmi gulma berbasis glifosat kepada petani, yang sangat bergantung pada obat tersebut.

Lebih lanjut, juru bicara Maurice Blackburn, yang memimpin gugatan class action tersebut, mengatakan firma hukum tersebut akan meninjau keputusan tersebut dengan cermat.

Rekomendasi