Massa Demo Tolak Netanyahu Bakar Bendera AS, Kamala Harris Murka: Tidak Boleh Dinodai!

| 26 Jul 2024 08:55
Massa Demo Tolak Netanyahu Bakar Bendera AS, Kamala Harris Murka: Tidak Boleh Dinodai!
Kamala Harris (X/kamalaharris)

ERA.id - Wakil Presiden AS Kamala Harris mengecam pembakaran bendera Amerika oleh para pengunjuk rasa yang berunjuk rasa di Washington selama pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di hadapan Kongres. 

"Saya mengecam pembakaran bendera Amerika. Bendera itu adalah simbol cita-cita tertinggi kita sebagai sebuah negara dan mewakili janji Amerika. Bendera itu tidak boleh dinodai dengan cara seperti itu," kata kandidat presiden dari Partai Demokrat itu dalam pernyataan di media sosial, Jumat (26/7/2024).

Kamala mengatakan demonstrasi hari Rabu menampilkan 'tindakan keji oleh para pengunjuk rasa yang tidak patriotik dan retorika berbahaya yang dipicu kebencian'. 

Pernyataan itu, yang digaungkan oleh sejumlah petinggi Demokrat lainnya, muncul di tengah upaya Partai Republik untuk menggambarkan partai itu sebagai pro-Hamas.

"Perusuh anti-Amerika dan pro-Hamas membakar bendera Amerika di depan Gedung Capitol AS, dan wanita yang ingin menjadi presiden kita masih menolak untuk mengutuknya," tulis Senator JD Vance, yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden bersama Donald Trump.

Ribuan demonstran yang marah atas perang di Gaza berbaris di Gedung Capitol AS yang dijaga ketat pada hari Rabu saat Netanyahu menyampaikan pidato tanpa kompromi kepada para anggota parlemen. 

Sekelompok pengunjuk rasa berkumpul di luar stasiun kereta api dekat Gedung Capitol, tempat mereka menyemprotkan cat pada monumen, membakar patung Netanyahu, dan membakar bendera Amerika. Aksi demo itu berakhir riuh dari pawai yang sebagian besar berlangsung damai. 

Harris, yang meluncurkan kampanye kepresidenannya segera setelah Presiden Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya yang mengejutkan dari pencalonannya kembali pada hari Minggu, dijadwalkan bertemu dengan Netanyahu pada hari Kamis nanti. Pemimpin Israel itu akan bertemu secara terpisah dengan Biden. 

Gedung Putih telah berjuang keras untuk menyeimbangkan situasi politik dalam mempertahankan dukungan tradisional bagi Israel selama serangannya di Gaza, yang telah dikutuk keras oleh para pemilih berhaluan kiri di Amerika Serikat.

Rekomendasi