Ketar-Ketir Serangan Balasan, Joe Biden Berharap Iran Mundur

| 05 Aug 2024 11:35
Ketar-Ketir Serangan Balasan, Joe Biden Berharap Iran Mundur
Biden minta Iran mundur (X/Potus)

ERA.id - Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap Iran mundur di tengah ketegangan yang meningkat di Timur Tengah. Biden mengaku tidak tahu apakah Teheran akan mundur dari ketegangan di Timur Tengah.

"Saya harap (Iran mundur) begitu. Saya tidak tahu," katanya, dikutip Anadolu, Senin (5/8/2024).

Sebelumnya, Pentagon mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan mengerahkan aset militer tambahan ke Timur Tengah di tengah kekhawatiran meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.

Penambahan kekuatan militer ini termasuk pengiriman jet tempur dan kapal perang milik Amerika Serikat, yang disebut sudah disetujui oleh Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

"Menteri (Lloyd) Austin telah memerintahkan penyesuaian postur militer AS yang dirancang untuk meningkatkan perlindungan pasukan AS, untuk meningkatkan dukungan bagi pertahanan Israel, dan untuk memastikan Amerika Serikat siap menanggapi berbagai kemungkinan," demikian pernyataan Pentagon.

Ketegangan di Timur Tengah meningkat setelah kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh tewas terbunuh ketika dia berada di Teheran, Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memerintahkan serangan terhadap Israel sebagai balasan atas pembunuhan Haniyeh.

Rekomendasi