Meningkat Dua Kali Lipat, Pentagon Turut Andil Tangkis Rudal Iran ke Israel

| 02 Oct 2024 13:25
Meningkat Dua Kali Lipat, Pentagon Turut Andil Tangkis Rudal Iran ke Israel
Pentagon (Dok. Istimewa)

ERA.id - Pentagon turut andil dalam menangkis rudal hipersonik Fattah milik Iran yang ditembakkan ke Israel. Rudal Iran itu dicegat dengan dua kapal perusak Angkatan Laut AS. 

Juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Patrick Ryder mengatakan serangan Iran kali ini meningkat dua kali lipat dari bulan April. Meski demikian, Ryder menekankan AS tetap akan mendukung hak Israel dalam membela diri.

Mengutip Reuters, pembelaan Pentagon terhadap Israel ini sudah diperintahkan sebelumnya oleh Presiden AS, Joe Biden. Dalam perintah itu, Biden meminta Pentagon membantu mencegat rudal Iran.

"Presiden Joe Biden memerintahkan militer AS untuk membantu pertahanan Israel dan menembak jatuh rudal Iran," kata Gedung Putih.

Para pejabat AS mengatakan mereka tidak mendapat peringatan dari pemerintah Iran bahwa mereka akan melancarkan serangan semacam itu.

Saat serangan rudal Iran menghujani Israel, sirene berbunyi di seluruh penjuru, yang sebagian besar dicegat oleh pertahanan udara Israel atau oleh angkatan udara sekutu. 

Garda Revolusi Iran mengatakan mereka telah menargetkan tiga pangkalan militer di sekitar pusat komersial Israel, Tel Aviv.

Serangan itu diketahui merupakan tanggapan atas pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, oleh Israel minggu lalu, serta kematian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam pemboman Teheran yang secara luas disalahkan pada Israel.

"Tidak ada pemberitahuan yang diberikan kepada Amerika Serikat sebelum tanggapan kami, namun, peringatan serius dikeluarkan setelahnya," kata misi Iran dalam sebuah pernyataan. 

Biden mengatakan AS sepenuhnya mendukung Israel setelah serangan rudal itu. Dia juga merenganakan serangan balasan bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Itu sedang dalam diskusi aktif saat ini. Itu masih harus dilihat," ujar Biden.

Rekomendasi