Rusia Terima Undangan dari Meksiko, Ukraina Minta Tolong Tangkap Vladimir Putin

| 08 Aug 2024 18:05
Rusia Terima Undangan dari Meksiko, Ukraina Minta Tolong Tangkap Vladimir Putin
Ukraina minta tolong ke Meksiko (Kedubes Rusia)

ERA.id - Ukraina mendesak Meksiko untuk menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin saat melakukan kunjungan ke negara tersebut. Ukraina percaya Meksiko akan mematuhi hukum internasional.

"Kami percaya bahwa pemerintah Meksiko akan mematuhi surat perintah penangkapan internasional dalam kasus apa pun dengan menyerahkan orang tersebut ke badan peradilan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Den Haag," kata Kedutaan Besar Ukraina di Meksiko, dikutip Anadolu, Kamis (8/8/2024).

Sehari sebelumnya, Kedutaan Besar Meksiko di Moskow mengonfirmasi kepada harian Rusia Izvestia bahwa Putin diundang untuk menghadiri pelantikan Presiden terpilih Meksiko Claudia Sheinbaum pada tanggal 1 Oktober mendatang.

Namun laporan itu tidak menyebutkan apakah Putin akan datang sendiri atau menunjuk pejabat lain untuk datang atas namanya. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga mendapat undangan tersebut.

"Kedutaan Besar Ukraina di Meksiko mengakui fakta bahwa Pemerintah Meksiko mengundang perwakilan dari semua negara yang menjalin hubungan diplomatik dengannya," kata pernyataan itu.

Pernyataan itu juga mengingatkan bahwa Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin tahun lalu, menuduhnya bersalah atas penculikan anak-anak dari Ukraina.

"Kejahatan memalukan ini akan menjadi salah satu dari banyak alasan mengapa Putin, bersama dengan seluruh pimpinan militer-politik Rusia, suatu hari harus menghadapi keadilan karena telah melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina," pungkasnya.

Rekomendasi