Setujui Debat Tatap Muka dengan Kamala Harris, Donald Trump Tantang Adakan Tiga Kali Pertemuan

| 09 Aug 2024 18:45
Setujui Debat Tatap Muka dengan Kamala Harris, Donald Trump Tantang Adakan Tiga Kali Pertemuan
Debat pertama Trump dan Kamala (X/DonaldTNews)

ERA.id - Dua kandidat calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Kamala Harris, akan melakukan debat tatap muka pertama. Debat pertama ini akan diselenggarakan pada 10 September mendatang.

"Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dan saingannya dari Partai Demokrat Kamala Harris telah setuju untuk berpartisipasi dalam debat pertama pada 10 September," demikian laporan ABC News, Jumat (9/8/2024).

Pengumuman ini disampaikan setelah Trump menyatakan kesediaannya untuk terlibat dalam beberapa debat dengan lawannya dari Partai Demokrat sebelum pemilihan November mendatang.

Selain setuju, Trump juga mengusulkan agar debat tatap muka itu dilakukan sebanyak tiga kali sebelum pemilihan. Trump menyarankan agar debat itu bisa digelar oleh Fox News dan NBC sebagai tuan rumah.

Tetapi Kamala Harris justru merespons dingin permintaan dari Donald Trump yang diselenggarakan oleh Fox News. Hal ini karena Kamala menilai jaringan itu memihak pada Trump.

Harris mengonfirmasi partisipasinya dalam debat ABC selama acara Kamis di Michigan dan juga menunjukkan keterbukaannya terhadap lebih banyak debat.

"Saya tidak sabar untuk berdebat dengan Donald Trump, dan 10 September adalah tanggalnya. Saya memahami bahwa dia akhirnya berkomitmen, dan saya tidak sabar untuk debat tersebut," kata Harris.

Konfirmasi tersebut muncul beberapa minggu setelah Harris memasuki persaingan setelah bosnya, Presiden Joe Biden, mengundurkan diri, menyusul penampilan debat yang mengecewakan pada bulan Juni.

Masuknya Harris dianggap telah membangkitkan semangat Demokrat, dengan beberapa jajak pendapat menunjukkan persaingan antara Harris dan Trump semakin ketat.

Rekomendasi