Terang-Terangan Dukung Kamala Harris, Putin Bongkar Kejahatan Donald Trump

| 06 Sep 2024 09:00
Terang-Terangan Dukung Kamala Harris, Putin Bongkar Kejahatan Donald Trump
Putin (Dok. Kremlin)

ERA.id - Rusia menegaskan akan mendukung calon presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, dalam pemilihan November mendatang. Keputusan itu dipilih sesuai rekomendasi dari Presiden Joe Biden.

"Saya menyatakan bahwa presiden saat ini, Biden, adalah favorit kami. Dia (Biden) dikeluarkan dari pencalonan, tetapi dia merekomendasikan agar semua pendukung menyokong Harris," kata Putin, dikutip TASS, Jumat (6/9/2024).

"Jadi kami akan melakukan hal yang sama, kami akan mendukungnya (Harris)," imbuhnya.

Putin menyadari bahwa Rusia bukanlah pihak yang berhak menentukan kandidat favorit pemilihan presiden AS. Namun Putin memastikan Joe Biden adalah presiden AS favoritnya.

"Mengenai siapa yang favorit, bukan kami yang menentukannya," jelasnya.

Putin menambahkan bahwa presiden baru AS akan menjadi pilihan warga Amerika sendiri.

Saat ditanya soal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, Putin justu bersikap sebaliknya. Putin secara terang-terangan mengatakan bahwa Trump memiliki jejak buruk dengan Rusia.

"Trump telah menerapkan begitu banyak pembatasan dan sanksi terhadap Rusia, yang belum pernah diterapkan oleh presiden mana pun sebelumnya. Dan jika Harris baik-baik saja, mungkin dia akan menahan diri dari tindakan semacam ini," pungkasnya.

Rekomendasi