Masjid Bersejarah Berumur 139 Tahun Terbakar

Tim Editor

Masjid Juma, atau Grey Street Mosque, terbakar pada Senin, (24/8/2020). Masjid Juma berumur 139 tahun dan pernah dikunjungi tokoh-tokoh penting seperti Nelson Mandela dan Muhammad Ali.

ERA.id - Kebakaran hebat melanda Masjid Juma, sebuah masjid besar berumur 139 tahun yang terletak di kota Durban, Afrika Selatan.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin, (24/8/2020). Seperti dilaporkan Al Jazeera, kobaran api menyelimuti gedung Masjid Juma yang merupakan salah satu masjid terbesar di belahan Bumi selatan.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun, Faisal Suliman, ketua umum Jaringan Muslim Afrika Selatan, yakin bahwa api berasal dari kediaman staf masjid yang berada di lantai atas masjid. Selain itu, korsleting listrik juga bisa menjadi penyebab.

"Kebakaran ini ditengarai sebagai sebuah insiden, dan bukan karena maksud jahat pihak tertentu," kata Suliman kepada agen berita AFP.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Juru bicara pemadam kebakaran setempat Robert Mckenzie mengatakan pada AFP bahwa kobaran api telah merusak tiga gedung di sebelah masjid tersebut, meski unit damkar berhasil mengontrol kobaran api dalam waktu 2 jam.

Masjid Juma, atau biasa disebut Grey Street Mosque, adalah ciri khas kota Durban. Ia bisa menampung 7.000 jemaah. Selain menyelenggarakan ibadah Sholat Jumat, ia telah dikunjungi berbagai tokoh penting seperti Nelson Mandela, penyanyi Yusuf Islam, dan petinju Muhammad Ali.

Tag: masjid kebakaran tempat bersejarah

Bagikan: