Gadis 16 Tahun Ini Berhasil Renang dari Inggris ke Prancis

| 05 Sep 2020 19:05
Gadis 16 Tahun Ini  Berhasil Renang dari Inggris ke Prancis
Vera Rivard sukses melintasi Selat Inggris menuju Pantai Prancis dengan berenang. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Vera Rivard gadis berusia 16 tahun itu sukses melintasi Selat Inggris menuju Pantai Prancis. Dia berenang sejauh 33 mil selama 14 jam. 

Perjalanan ini dimulai pada hari Selasa (1/9) pukul 09:30 waktu setempat. Selama 14 jam penuh dia berenang dari Pantai Samphire di Dover hingga tiba di dekat Pantai Calais, Prancis. 

Momen bahagia itu pun dia bagikan melalui Instagram miliknya. Baginya hal itu menjadi salah satu pencapaian dan harus dirayakan dengan cara tidur siang. 

Hari yang luar biasa dan gila! Saya bisa menyelesaikan renang di Selat Inggris dalam 14 jam 10 menit (tidak resmi). Saya sangat berterima kasih atas semua yang telah terjadi. Lebih banyak foto segera hadir… Tapi pertama-tama, tidur siang!” tulisnya lewat akun pribadinya. 

Saat memulai perjalanannya kondisi air tercatat 64 derajat fahrenheit saat dia mulai berenang dan mengayuhkan tangannya. Selama melakukan itu dia ditemani dengan Ibu dan adik perempuannya di sebuah kapal. 

Menurut Ibunya, Darcie DeBlois-Rivard, dirinya sangat bangga dengan apa yang sudah dilakukan putrinya itu. Namun, baginya keberanian untuk memulai hal gila itu adalah yang terpenting daripada waktu cepat yang dia tempuh. 

Menurut Valley News, gadis yang tinggal di Springfield New Hamshire ini tercatat sebagai orang Amerika kedua yang menyelesaikan renang tahun ini. Bahkan momen ini dia jadikan sebagai salah satu mimpinya untuk bisa melintasi selat Inggris sepanjang hidupnya. 

Rivard sendiri mencatatkan namanya sebagai perenang dengan jarak jauh sejak usianya 11 tahun. Saat itu dia berhasil menyelesaikan renang sepanjang 1 mil. Kemudian dia juga berhasil menyelesaikan misi melintasi perbatasan Kanada sepanjang 25 mil dua tahun lalu. 

Selama perjalanan renangnya setiap 45 menit dia akan berhenti dan mulai mengisi energinya dengan mengonsumsi gel energi dan minuman energi bubuk. Padahal jalur yang dia lalui ini terkenal dengan gelombang pasangnya yang tinggi hingga berbagai gangguan seperti ubur-ubur, rumput laut, dan juga puing-puing kayu. 

Menurut data Channel Swimming Association, perenang paling lama menghabiskan waktu selama 27 jam, sedangkan yang tercepat hanya 7 jam saja. 

Lewat catatan Guinness Book of World Records, perenang termuda yang berhasil melintasi Selat Inggris adalah Thomas Gregory yang berusia 11 tahun.

Tags : yang unik
Rekomendasi