Dalam Sehari, 97,570 Warga India Positif Terinfeksi COVID-19

Tim Editor

Jalanan kota Kashmir saat Hari Kemerdekaan India, Sabtu, 15 Agustus. (Anadolu Agency)

ERA.id - Jumlah kasus COVID-19 baru di Indonesia mencapai level baru kemarin, (12/9/2020), ketika terdapat 97.570 kasus positif baru hanya dalam waktu 24 jam. Dengan begitu total kasus positif COVID-19 di India mencapai 4,6 juta kasus.

Seperti dilansir Associated Press, pada Sabtu lalu, India juga mengumumkan 1.201 kasus kematian akibat COVID-19, sehingga total ada 77,472 kasus fatal atas virus ini di India.

Banyak pakar mengatakan bahwa tingkat persebaran virus SARS-CoV-2 di India adalah yang tercepat di dunia. Namun, banyak yang menyayangkan bahwa kemampuan uji sampel harian di India yang terbatas menutupi gambaran asli dari kondisi infeksi COVID-19 di India yang jauh lebih kelam.

Kasus di negara bagian Maharashtra, yang berada di kawasan barat India, telah melampaui angka 1 juta kasus dan menyebar di kota Mumbai maupun di pedesaan.

Di Maharashtra pula infeksi COVID-19 ditemukan lebih mematikan, dengan rasio kematian mencapai 2,8 persen. Angka tersebut jauh di atas rasio kematian nasional India, yaitu 1,7%.

Kementerian Kesehatan India sendiri melaporkan bahwa 3/4 jumlah total pasien yang terinfeksi COVID-19 di India telah sembuh atau keluar dari rumah sakit. Secara persentase, tingkat kesembuhan di negara tersebut dikatakan mencapai 77 persen.

"Jarak antara tingkat kesembuhan dan jumlah kasus aktif terus melebar," kata kementerian kesehatan India, menandakan bahwa ada semakin banyak warga di India yang sembuh dari infeksi COVID-19.

Tag: india pandemi COVID-19

Bagikan: