Viral Foto Legislator Mexico Bertelanjang, Benarkah Berempati pada Rakyat?

Tim Editor

Legislator asal Mexico, Antonio Garcia Conejo, bertelanjang (Ist)

ERA.id - Foto yang beredar pada 7 tahun yang lalu, kembali viral hari ini. Setelah akun FB Elman Syahreza di grup Pustaka Bergerak, menyebar gambar legislator asal Mexico, Antonio Garcia Conejo, bertelanjang.

Dalam gambar itu tertera kalimat yang intinya untuk mempermalukan anggota parlemen Mexico karena mencuri dari orang miskin.

Faktanya, konten itu adalah keliru. Foto itu sebenarnya menunjukkan Conejo sedang memprotes pengesahan RUU energi yang bersejarah di Kongres Meksiko yang akan memungkinkan investasi asing dan perusahaan swasta untuk beroperasi di sektor minyak dan gas di Mexico.

Antonio Garcia menanggalkan pakaian dalamnya untuk menunjukkan bagaimana Meksiko 'dilucuti' dari sumber dayanya.

Lewat penelusuran era.id, foto itu diketahui telah ada di internet sejak 2013 dan bahwa insiden itu terjadi di Kongres Meksiko. BOOM menemukan artikel berita sejak Desember 2013 oleh Wall Street Journal (WSJ) dan BBC.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh WSJ pada 12 Desember 2013, adegan dramatis telah terjadi ketika Kongres Meksiko memilih RUU energi yang akan mengakhiri monopoli selama 75 tahun dari perusahaan minyak milik negara Pemex (Petróleos Mexicanos).

Untuk pertama kalinya sejak 1938, perusahaan swasta diizinkan untuk mengeksplorasi dan mengekstraksi minyak dan gas dengan Pemex dan mendapat bagian dari keuntungan.

Sementara beberapa politisi memprotes RUU tersebut, para pendukungnya berpendapat bahwa itu akan membawa puluhan miliar dolar investasi asing ke Meksiko. Laporan tersebut menyatakan bahwa seorang anggota parlemen sayap kiri, pria dalam foto yang viral, yang memprotes RUU itu menanggalkan pakaian dalam dan berkata, "Ini adalah cara Anda melucuti negara sampai ke tulang."

Intinya, tak ada satu pun dari artikel tersebut yang memiliki kutipan viral yang dikaitkan dengan Conejo. "Beginilah caramu melucuti bangsa. Mana keuntungannya? Aku tidak malu, yang kamu lakukan itu memalukan!" BBC mengutip perkataannya.

Tag: cek fakta

Bagikan: