Efek Samping Suntik Vaksin COVID-19, Alergi Parah Terjadi dengan Orang Ini!

Tim Editor

Ilustrasi tes COVID-19 (Era.id)

ERA.id - Petugas Medis Alaska dikabarkan mengalami alergi parah usai mendapatkan vaksin COVID-19 Pfizer. Kini kondisinya pasien tersebut sudah stabil, menurut otoritas kesehatan pada Rabu (16/12), dilansir dari Reuters.

Reaksi negatif pada orang tersebut, beberapa menit setelah disuntik vaksin Pfizer pada Selasa (15/12), sama dengan dua kasus yang terjadi di Inggris.

Gejala pada pasien paruh baya itu sembuh setelah diberikan obat alergi epinephrine, kata Lindy Jones, direktur departemen darurat tempat pasien dirawat.

Pasien tersebut sebelumnya tidak memiliki riwayat reaksi alergi, kata Jones saat konferensi virtual.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengimbau orang-orang dengan alergi agar berkonsultasi dengan dokter mereka, guna memastikan tidak alergi dengan komponen vaksin apa pun.

Regulator obat Inggris awal Desember ini mengumumkan bahwa siapa pun yang memiliki riwayat anafilaksis atau reaksi alergi parah terhadap obat atau pun makanan, jangan diberi vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech.

Pfizer mengklaim vaksin tersebut disertai peringatan yang jelas bahwa pengawasan dan pengobatan medis yang tepat harus selalu tersedia guna mengantisipasi anafilaksis. Namun, pihaknya akan memperbarui bahasa pelabelan untuk vaksin tersebut jika diperlukan.

New York Times merupakan pihak pertama yang melaporkan kabar mengenai reaksi alergi terhadap vaksin tersebut.

Tag: covid-19 vaksin covid-19

Bagikan: