Pimpinan Iran Unggah Foto Mirip Trump, Bersumpah Akan Balas Dendam

Tim Editor

Gambar yang diunggah akun Twitter milik pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, pada Jumat, (22/1/2021). (Foto: Ali Khamenei/Twitter)

ERA.id - Akun Twitter milik Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Jumat, (22/1/2021), mengunggah gambar seorang pemain golf yang mirip dengan penampilan Donald Trump, presiden AS yang baru saja lengser.

Namun, sosok 'Donald Trump' tersebut tampak sedang menjadi sasaran sebuah drone, menyimbolkan upaya balas dendam terhadap salah satu jenderal Iran yang tewas karena serangan drone AS.

Ali Khamenei

Unggahan itu memuat pernyataan Ayatollah Ali Khamenei pada Desember lalu, di mana ia berkata "Balas dendam adalah sebuah kepastian." Ini diungkapkan untuk membalas dendam kematian Jenderal Qassem Soleimani di Irak, satu tahun sebelumnya.

"Orang-orang yang memerintah pembunuhan Jenderal Soleimani, termasuk juga yang menjalankannya, harus mendapat hukuman. Pembalasan dendam ini pasti terjadi di saat yang tepat," tulis Khamenei dalam cuitannya tanggal 16 Desember.

Awal Januari, Twitter menghapus cuitan Khamenei yang menuduh vaksin buatan AS dan Inggris tidak bisa diandalkan, dan mungkin dibuat untu "mengontaminasi bangsa lain." Twitter mengatakan bahwa cuitan tersebut melanggar aturan tentang misinformasi.

Tidak ada respons langsung dari Twitter menyangkut cuitan Khamenei pada Jumat.

Tegangan diplomatik antara Teheran dan Washington langsung meninggi sejak 2018, setelah Trump keluar kesepakatan nuklir tahun 2015 antara Iran dan enam negara maju lainnya. Kesepakatan itu bermaksud mengendalikan program nuklir Teheran. Setelah keluar, Washington langsung menerapkan sanksi yang segera melumpuhkan kondisi ekonomi Iran.

Iran meminta Joe Biden, presiden AS yang sekarang, untuk "tidak hanya berbicara", tapi membuktikan ucapannya bakal mengembalikan AS ke kesepakatan bila Iran tertib klausul kesepakatan.

Tag: donald trump iran Ali Khamenei

Bagikan: