Ikuti WHO, Australia Tetap Gunakan Vaksin COVID-19 AstraZeneca

| 16 Mar 2021 11:36
Ikuti WHO, Australia Tetap Gunakan Vaksin COVID-19 AstraZeneca
Vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca/Oxford. (Foto: Wikimedia Commons)

ERA.id - Australia tak berencana menghentikan penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca meski beberapa negara Eropa menghentikan sementara pemberian vaksin tersebut menyusul laporan mengenai efek samping serius.

Melansir dari ANTARA, (16/3/2021), Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg mengatakan regulator obat-obatan Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi bahwa vaksin AstraZeneca PLC efektif dan aman digunakan.

"Jadi kami akan terus melanjutkan peluncuran vaksin AstraZeneca," kata Frydenberg kepada Sky News.

Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Portugal, dan Siprus bergabung dengan beberapa negara Eropa lainnya untuk sementara menangguhkan vaksinasi dengan produk AstraZeneca menyusul laporan kasus pendarahan, penggumpalan darah, dan kadar trombosit yang menurun.

WHO mengatakan tidka ada laporan kematian terkait vaksin COVID-19, dan masyarakat tidak perlu panik.

Mayoritas dari 25 juta orang Australia akan diinokulasi dengan vaksin AstraZeneca dan pihak berwenang telah mendapatkan hampir 54 juta dosis, dengan 50 juta akan diproduksi secara lokal mulai akhir Maret.

Australia memulai program imunisasi nasionalnya bulan lalu, lebih lambat dari banyak negara lain, dan memulai vaksinasi pertama menggunakan vaksin AstraZeneca minggu lalu.

Pemerintah berencana untuk meningkatkan vaksinasi nasional menjadi 1 juta per minggu pada awal April ketika vaksin AstraZeneca yang diproduksi secara lokal tersedia.

Pihak berwenang bertujuan untuk memberikan dosis pertama vaksin ke seluruh negeri pada bulan Oktober.

Australia mencatat lebih dari 29.100 kasus COVID-19 dan 909 kematian, dengan penutupan perbatasan dan sistem pelacakan cepat membantu menjaga jumlahnya relatif rendah dibandingkan dengan negara maju lainnya.

Reuters telah meminta komentar dari menteri kesehatan Australia tentang peluncuran vaksin.

Rekomendasi