Minggu Palma Membuka Akses Umat Kristen ke Gereja Makam Suci

| 29 Mar 2021 14:32
Minggu Palma Membuka Akses Umat Kristen ke Gereja Makam Suci
Imam membawa daun palem saat prosesi Minggu Palma di Gereja Makam Suci di Kota Tua Yerusalem, Minggu (28/2/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/wsj)

ERA.id - Dalam pemandangan yang sangat berbeda dari tahun lalu, Gereja Makam Suci Yerusalem dibuka untuk umum pada hari Minggu Palma (28/3/2021).

Hal itu memungkinkan umat Kristiani untuk menghadiri misa pada awal Pekan Suci di situs di mana mereka percaya Yesus disalibkan dan bangkit dari kematian.

Dengan lebih dari setengah populasi Israel telah menerima dua dosis vaksin, pembatasan virus corona dilonggarkan untuk memungkinkan jemaat kecil berkumpul dengan tetap menjaga jarak.

Melansir dari ANTARA, Senin, (29/3/2021), suasana perayaan tampak saat sejumlah umat Katolik melewati pintu kayu besar gereja yang jadi titik perhatian dalam masa terpenting tradisi Kristen.

"Tahun lalu adalah Paskah yang menyedihkan, tanpa orang, pintu tertutup. Tahun ini jauh lebih baik, pintunya terbuka, kami tidak memiliki banyak orang tetapi kami merasa lebih berharap bahwa semuanya akan menjadi lebih baik," ujar Patriarkat Latin Yerusalem, Pierbattista Pizzaballa, kepada Reuters ketika dia muncul dari gereja yang diapit oleh para imam dan umat yang membawa daun palem.

"Pesan Paskah adalah hidup dan cinta, terlepas dari semua tanda kematian, corona, pandemi, apa pun, kami percaya pada kekuatan cinta dan kehidupan," kata Pizzaballa.

Di bawah pembatasan COVID-19 Israel, patriarkat itu  kemudian memimpin jemaat yang mengenakan masker wajah dan memegang cabang pohon palem dan zaitun dalam prosesi Minggu Palma dari Bukit Zaitun ke KOta Tua.

Minggu Palma memperingati hari ketika Yesus, menurut Injil, datang ke Yerusalem dan dielu-elukan oleh orang-orang, lalu disalibkan lima hari kemudian.

Tahun ini, umat Katolik Roma merayakan Paskah pada 4 April dan Kristen Ortodoks hampir sebulan kemudian, pada 2 Mei.

 

 

Rekomendasi